SOLOPOS.COM - Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Salatiga Bintar Lulus Pradipta. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Video yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengacungkan dua jari saat kunjungan di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), viral di media sosial. Menanggapi hal itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Salatiga pun angkat bicara.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Salatiga, Bintaar Lulus Pradipta, menilai Presiden Jokowi hanya berusaha melambaikan tangan. Namun, menurutnya hal itu diartikan berbeda oleh berbagai pihak.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Presiden sempat melambaikaan tangan dan itu diartikan macam-macam pada tahapan kampanye kali ini,” ujar Bintar saat dijumpai Solopos.com, Kamis (25/1/2024).

Bintar menilai apa yang dilakukan Jokowi itu wajar. Hal itu dikarenakan saat turun ke masyarakat, Presiden Jokowi selalu mendapat sambutan dari masyarakat setempat.

“Ya itu peristiwa yang wajar, memang Presiden Jokowi ketika turun ke masyaarakat dalam kunjungan kerja itu selalu responsif. Beliau kan ketika ada masyarakat menyapa seketika menyapa balik,” ujar Bintar.

Oleh karenanya, Bintar pun meminta masyarat memaknai aksi Jokowi yang mengacungkan dua jari itu sebagai bentuk menyapa warga.

Sebelumnya diberitakan jika Presiden Jokowi mengacungkan dua jari saat menggelar kunjungan di Kota Salatiga. Aksi itu dilakukan Jokowi saat mobil yang membawanya melintas di Jalan Nanggulan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Senin (22/1/2024).

Kala itu, rombongan Jokowi yang melintas juga mendapat sorakan atau teriakan dari warga yang mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Jokowi lantas membalas teriakan itu dengan mengacungkan dua jari.

Banyak yang menganggap apa yang dilakukan Jokowi itu sebagai balasan atas sorakan pendukung Ganjar-Mahfud. Selain itu, perbuatan Jokowi itu juga dianggap sebagai bentuk ketidaknetralan kepala negara yang mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra sulungnya.

Presiden Jokowi juga sudah merespons soal polemik acungan dua jari di Kota Salatiga itu. “Ya, kan menyenangkan, menyenangkan,” kata Jokowi seusai menyaksikan penyerahan simbolis Pesawat C-130J-30 Super Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya