SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada salah satu kegiatan dalam kunjungan ke Kota Salatiga, Senin (22/1/2024). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Peristiwa yang tak terduga terjadi dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kota Salatiga, Senin (22/1/2024). Presiden Jokowi mendapat teriakan dan acungan tiga jari dari simpatisan PDIP dan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud Md.

Pantauan Solopos.com, peristiwa itu terjadi saat kendaraan yang membawa Presiden Jokowi melintas di Jalan Nanggulan, Kelurahan Kutowinangun Kidul, Kota Salatiga. Jokowi yang mendapat reaksi dari warga itu pun hanya membalas dengan melambaikan tangan.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Ketua DPC PDIP Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, menyebut aksi itu dilakukan secara spontan oleh warga Kota Salatiga yang merupakan kader dan simpatisan PDIP. Mereka menyoraki Jokowi dengan kata-kata, “Ganjar-Mahfud” sebagai dukungan kepada capres-cawapres nomor urut tiga yang diusung PDIP atau rival dari capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra sulung Sang Presiden.

“Itu [teriakan Ganjar-Mahfud] dilakukan masyarakat secara spontan. Mungkin juga mereka kader yang dulunya seperti itu [mendukung] kepada Jokowi,” kata Dance kepada Solopos.com, Senin.

Dance pun menampik jika dirinya maupun partainya dianggap menggerakan massa untuk menyoraki Jokowi. Hal itu dikarenakan warga secara inisiatif berkumpul setelah mengetahui adanya kunjungan Presiden Jokowi ke Salatiga.

“Mereka berteriak nama Ganjar Pranowo itu untuk mengingatkan Jokowi, bahwa mereka dalam pemilu sebelumnya adalah pendukung Jokowi. Tidak hanya sekadar mendukung, mereka dulu juga berjuang agar Jokowi menjadi presiden,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Salatiga itu.

Dance menegaskan, tidak ada agenda atau misi lain dari aksi tersebut. Massa hanya sekadar ingin mengingatkan pernah menjadi pendukung Jokowi, baik sejak menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga presiden.

“Jadi kalau ada yang lupa, kan harus diingatkan,” tandas Dance.

Jokowi menggelar sederet agenda dalam kunjungan di Salatiga. Ia juga membagikan paket bantuan kepada 1.062 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Salatiga.

Selain itu, Jokowi juga melakukan pengecekan pelayanan kesehatan di RSUD Salatiga. Setelah dari Salatiga, Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Magelang, Wonosobo, Grobogan, dan Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya