SOLOPOS.COM - Aparat polisi tampak berjaga-jaga mengatur lalu lintas di Jatingaleh, Kota Semarang, menjelang perayaan HUT ke-9 PSI di Stadion Jatidiri, Sabtu (9/12/2023). (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Sejumlah ruas jalan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), mengalami kemacetan menyusul mulai datangnya kader Partai Solidaritas Indonesia dari berbagai daerah, Sabtu (9/12/2023). Ribuan kader PSI itu hadir ke Kota Semarang untuk menghadiri puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 PSI di Stadion Jatidiri.

Pantauan Solopos.com pada Sabtu sore, kemacetan sudah terjadi di Jalan Semeru Raya, Kota Semarang. Ruas jalan itu sudah dipenuhi kendaraan mulai dari bus, mobil, dan motor yang mengangkut para kader PDIP dari berbagai daerah untuk memasuki kawasan Stadion Jatidiri.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Kepadatan arus lalu lintas bahkan sudah terjadi sejak di kawasan Jatingaleh Kota Semarang. Antrean kendaraan terlihat mengular di jalan tersebut, terutama di bawah flyover. Puluhan bus juga terlihat antre untuk keluar dari ruas Tol Semarang-Solo.

Selain itu, kemacetan juga terjadi di Jalan Telaga Bodas, atau jalan menuju ke Stadion Jatidiri. Aparat kepolisian dan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang pun mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah untuk memecah penumpukan kendaraan. Mereka tampak sibuk mengatur arus lalu lintas agar berjalan lancar.

Wakil Ketua Umum DPP PSI, Andy Budiman, mengatakan Semarang dipilih sebagai tempat perayaan karena dianggap sebagai miniatur Indonesia. Ia tak masalah dengan julukan Jawa Tengah termasuk Semarang sebagai kandang banteng, atau lumbung suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Engga sih bukan karena kandang banteng. Kami sangat menghormati kota ini. Ini [Kota Semarang] adalah wilayah yang penting, secara kuktural maupun secara value bagi Indonesia. Jadi, ini sesuatu yang sangat berharga dan kita ingin memperlihatkan rasa hormat itu dengan merayakan ultah puncak PSI di Kota [Semarang],” ujar Andy saat menggelar jumpa pers di Stadion Jatidiri, Sabtu siang.

Ia menyebut acara ini akan dihadiri oleh 30.00 kader PSI dari seluruh Indoensia. Selain itu acara ini akan dihadiri oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan lainnya.

Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, dijadwalkan juga hadir dalam acara perayaan HUT ke-9 PSI itu. Selain itu, Ketua Umum PSI yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, juga dijadwalkan hadir untuk memberikan orasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya