SOLOPOS.COM - Pembongkaran logistik pemilu dari truk untuk dimasukkan ke tempat penyimpanan di kantor Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (3/2/2024). (Solopos.com-Antara/KPU Jepara)

Solopos.com, JEPARA — KPU Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), mulai melakukan pengiriman logistik pemilu ke Pulau Karimunjawa. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Siiginjai, menyusul cuaca di laut Jepara yang aman.

“Pengiriman logistik Pemilu 2024 dari kantor KPU Jepara sekitar pukul 05.30 WIB, sedangkan keberangkatan kapal sekitar pukul 07.00 WIB,” kata Ketua KPU Kabupaten Jepara, Ris Andy Kusuma, Sabtu (3/2/2024).

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Logistik pemilu tersebut, kata dia, sampai di Pulau Karimunjawa sekitar pukul 12.30 WIB dengan aman dan dalam distribusinya juga mendapatkan pengawalan aparat keamanan.

Sebelumnya, imbuh dia, ketika cuaca di Perairan Laut Jepara tidak mendukung, maka pengirimannya menggunakan Kapal Pelni dari Semarang. Sedangkan saat gelombang sangat buruk, maka bisa menggunakan kapal perang milik TNI.

Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kecamatan Karimunjawa sebanyak 7.517 jiwa, tersebar di empat desa, yakni Desa Karimunjawa, Nyamuk, Kemujan, dan Parang.

Sementara jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Karimunjawa sebanyak 32 TPS, meliputi Desa Karimunjawa ada 15 TPS, Desa Kemujan ada 11 TPS, Desa Parang ada 4 TPS, dan Desa Nyamuk 2 TPS.

Sementara pengiriman logistik pemilu ke kecamatan lainnya, kata dia, dijadwalkan tanggal 8-9 Februari 2024. Sedangkan ke masing-masing desa dijadwalkan 11-12 Februari 2024 dan di masing-masing TPS pada tanggal 13 Februari 2024 atau satu hari sebelum pencoblosan atau H-1.

KPU Kabupaten Jepara hingga kini masih menuntaskan pengemasan logistik pemilu ke dalam kotak suara untuk semua jenis surat suara. Pengemasan ditargetkan selesai pada Senin (5/2), mengingat surat suara pengganti yang rusak sudah diterima dari perusahaan percetakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya