SOLOPOS.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Henry Casandra Gultom bersama jajaran terkait saat penerimaan kedatangan bilik suara untuk Pemilu 2024 di Gudang Induk KPU Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (6/11/2023). (Solopos.com-Antara/Zuhdiar Laeis)

Solopos.com, SEMARANGKPU Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), telah menerima 18.584 bilik suara untuk penyelenggaraan Pemilu 2024. Bilik suara yang dikirim dari Gresik, Jawa Timur (Jatim) itu tiba di Gudang KPU Kota Semarang, Senin (6/11/2023).

Bilik suara itu diangkut dengan empat truk, terdiri atas tiga truk masing-masing pengangkut 5.000 bilik suara dan satu truk pengangkut 3.584 bilik suara.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom, mengatakan pengiriman bilik suara itu masih bagian tahap pertama distribusi logistik Pemilu 2024. Sebelumnya, yakni pada Jumat (3/11/2023), KPU Kota Semarang juga telah menerima tinta. Selanjutnya, pihaknya masih menunggu kedatangan kotak suara yang kemungkinan pada pekan depan.

Nanda, sapaan akrab Ketua KPU Kota Semarang, menyebutkan bilik suara itu akan digunakan di 4.646 tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah empat bilik di masing-masing TPS.

Menurut dia, pihaknya akan menyortir terlebih dahulu bilik suara yang datang untuk memastikan kondisinya baik. Jika ada yang rusak, akan dilaporkan untuk diganti.

“Jadi, kami akan sortir dahulu. Kami turunkan, cek dahulu keadaannya bagaimana karena semua ini di-wrap [dibungkus]. Satu lembar ‘kan isinya 10. Kami cek dahulu, bila ada kerusakan kami akan laporkan untuk dilakukan penggantian,” katanya.

Nanda mengatakan bahwa perakitan bilik suara itu juga tidak sekarang ini untuk menjaga kondisi logistik Pemilu 2024 itu tetap baik hingga hari-H. “Kami tidak rangkai sekarang. Kenapa? Karena kalau dirangkai sekarang, kemungkinan terjadi kerusakan lebih banyak. Biasanya perangkaian bilik dilaksanakan di kecamatan atau mendekati hari-H,” katanya.

Selain itu, kata dia, bilik-bilik suara itu perlu dijaga kelembapannya sehingga akan tetap dibiarkan kondisinya di dalam plastik, tetapi akan dihitung terlebih dahulu lembarannya.

Sebelumnya, tinta yang menjadi bagian dari logistik Pemilu 2024 yang didatangkan dari Tangerang juga telah tiba di Gudang Induk KPU Kota Semarang pada Jumat. KPU Kota Semarang mencatat jumlah tinta sebanyak 2.024 yang diperuntukkan di 4.646 TPS, termasuk TPS khusus yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kedungpane dan LP Wanita Bulu Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya