SOLOPOS.COM - Peserta jalan sehat saat memeriahkan HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Jateng, Minggu (26/11/2023). (Istimewa/jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, melepas 10.000 peserta jalan sehat memeriahkan HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Minggu (26/11/2023). Para peserta terdiri atas ribuan ASN Pemprov Jateng itu menempuh jarak lebih dari tiga kilometer.

Selain dilepas Pj Gubernur Jateng, kegiatan jalan sehat juga diikuti Pj Ketua TP PKK Jateng, Shinta Nana Sudjana; Sekda Jateng, Sumarno; Ketua DWP Jateng, Indah Sumarno; Ketua MUI Jateng, Ahmad Darodji; dan para kepala OPD.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Sepanjang jalan sehat, para peserta menempuh rute melingkar, mulai dari Kantor Gubernur Jateng menuju Taman Makam Pahlawan Jalan Sriwijaya lalu melewati Taman Singosari di Jalan Singosari Raya.

Selanjutnya, berbelok ke Jalan Hayam Wuruk. Berikutnya, melintasi Jalan Kusumawardani dan kembali lagi ke Kantor Gubernur.

Setelah jalan sehat rampung, para peserta berkesempatan memperoleh ratusan hadiah. Bagi peserta yang beruntung melalui undian kupon memperoleh hadiah menarik.

Hadiah utama berupa satu sepeda motor dan dua sepeda listrik. Disamping itu terdapat ratusan hadiah lainnya, mulai dari kulkas, mesin cuci, televisi, dan sebagainya.

Pada kesempatan, Pj Gubernur Nana Sudjana, mengajak seluruh ASN meneguhkan diri sebagai agen pemersatu bangsa dan penjaga keutuhan NKRI. Ia juga berharap kegiatan itu menjadi pengingat agar tetap netral di tengah pesta demokrasi 2024.

Meskipun ASN memiliki hak pilih, tapi mereka tidak diperbolehkan memihak calon presiden atau partai politik tertentu. Nana juga mengajak agar semua ASN menjadi contoh baik penggunaan hak pilih, termasuk ketika pemungutan suara atau hari coblosan, para ASN dapat menggunakan hak suara dengan bijak.

“ASN tidak boleh bermain politik, saya ulangi ASN tak boleh main politik praktis. ASN harus netral, tidak berpihak. Ketika memihak, misalnya jadi jurkam, ini melanggar peraturan yang ada dan bisa kenakan sanksi ringan hingga berat,” tegas Pj Gubernur Nana Sudjana seperti dikutip dari jatengprov.go.id, Minggu (26/11/2023).

Hal senada ditegaskan Ketua Dewan Pengurus Korpri Pemprov Jateng, Sumarno. Menurutnya, kegiatan jalan sehat tersebut guna menjaga kekompakan para anggota Korpri.

“Kegiatan ini serentak di seluruh Indonesia. Ini menjadi pengingat agar para ASN menjaga kesehatan mencintai olahraga dan memasuki tahun politik untuk menjaga netralitas,” kata Sumarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya