SOLOPOS.COM - Illustrasi wisatawan yang sedang berlibur di objek wisata Gunung Gajah, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), telah menyiapkan sederet paket wisata hingga objek wisata untuk menyambut momen libur sekolah di 35 kabupaten/kota.

Harapannya, paket-paket wisata dan destinasi tersebut bisa memenuhi target 4 juta wisatawan.

Promosi Selamat! BRI Sabet 2 Penghargaan Internasional dari The Asset Triple A

Kepala pelaksana harian (Plh) Disporapar Jateng, Syurya Deta Syafrie, mengeklaim sejak 2021 hingga 2023, kunjungan objek wisata di wilayahnya meningkat cukup signifikan.

Oleh karena itu, pada momen libur sekolah ini, pihaknya menargetkan 4 juta kunjungan wisatawan.

“Tahun 2021 hingga 2023, pada liburan anak sekolah angka pariwisatanya kan di sekitar 3 juta. Kemudian di tahun 2024 ini kami perkirakan di angka 4 juta. Jadi kami optimis liburan anak sekolah bisa mengangkat pariwisata Jawa Tengah,” kata Syurya kepada Solopos.com, Selasa (2/7/2024).

Maka dari itu, sebagai upaya menarik 4 juta kunjungan wisatawan, Disporapar Jateng mengimbau pengelola wisata untuk menyiapkan destinasi wisata. Terutama terkait keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para pengunjung.

“Kami juga harapannya peringatan kepada mereka semua untuk memegang teguh keamanan, kenyamanan, dan keselamatan, juga masalah kesehatan dan lingkungan yang baik,” pintanya.

Deta juga mengeklaim di Jateng banyak destinasi wisata ramah anak dan mengandung nilai edukasi yang bisa dimanfaatkan untuk menggaet wisatawan.

Contohnya Candi Borobudur Magelang, wisata alam Baturaden Banyumas, dan Lawang Sewu Kota Semarang.

“Silahkan saya mengajak semua, yang masih masa liburan ini Jawa Tengah sangat siap menyambut temen-temen wisatawan, keluarga orang tua, anak-anak, kalau mau wisata ya saran kami di Jateng aja,” tandasnya.

Lebih jauh, Disporapar Jateng juga membeberkan sejumlah hal yang membuat wisatawan tertarik berkunjung ke Jateng.

Mulai dari paket wisata yang murah hingga akses mobilitas seperti kereta api, jalan tol, dan bandara yang tersedia.

“Kemudian kalau kita lihat lagi masyarakat Jawa Tengah kan masyarakatnya ramah, jadi mau enggak mau menjadi daya tarik yang sedemikian luar biasa,” nilainya.

Adapun sejumlah daerah yang memiliki destinasi wisatawan favorit meliputi Kabupaten Magelang, Wonosobo, Banyumas, dan Kota Semarang. Keempat daerah ini sering mengadakan event dan banyak menjual paket wisata.

“Jadi dengan dijualnya paket-paket dengan adanya acara seperti atraksi-atraksi kan membuat wisatawan ini mau semakin sering kunjungan ke Jawa Tengah,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya