SOLOPOS.COM - Basarnas Semarang saat menyuling air di sungai Kayen Rowosari untuk diolah menjadi air bersih layak komsumsi. (Dok Basarnas Semarang)

Solopos.com, SEMARANG – Penanggulangan kekeringan dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan peralatan water treatment untuk mengolah air sungai oleh personel Basarnas di Kota Semarang dan Kabupaten Pemalang. 

Personel SAR tersebut memanfaatkan air sungai Kayen Rowosari Tembalang dan Sungai Comal Pemalang menjadi air layak konsumsi.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Kepala Basarnas Semarang, Heru Suhartanto, megatakan beberapa waktu lalu personelnya telah melakukan dropping air bersih ke wilayah Rowosari Tembalang sebanyak 9.000 liter. Bahkan pada Jumat (13/10/2023), personelnya kembali melakukan droping air di Rowosari sebanyak 16.000 liter.

“Meskipun tidak seberapa, tapi usaha kami ini kami harapkan bisa meringankan beban masyarakat yang kesulitan atas air bersih akibat kemarau panjang ini,” kata Heru kepada wartawan, Sabtu (14/10/2023).

Heru mengaku ada hal menarik yang dilakukan Basarnas di Rowosari. Sebab bila biasanya air bersih dari PDAM, kali ini warga Rowosari dapat pasokan air bersih dari Sungai Kayen.

Lebih jelasnya, air bersih yang didistribusikan ke warga Rowosari merupakan hasil dari pemurnian air Sungai Kayen yang berada di Rowosari. Basarnas menggunakan alat water treatment yang berada di truk tactical disaster support vehicle.

“Jadi kami menggunakan truk water treatment untuk mengolah air keruh yang ada di sungai Kayen Rowosari menjadi air bersih dan bahkan bisa langsung diminum,” jelasnya.

Kegiatan dropping air bersih ini, lanjut Heru, merupakan permintaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang yang mendapatkan laporan adanya warga kesulitan air bersih akibat kemarau. 

Bukan hanya di Semarang, pada Jumat (13/10/2023), tim SAR juga mengoperasikan truk water treatment di Pemalang untuk menyediakan air bersih bagi warga sekitar.

“Kami juga mendapatkan permintaan dari BPBD Pemalang untuk menyediakan air bersih bagi sebagian warga Comal Pemalang, sehingga kami kirim tim kesana untuk membantu,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya