SOLOPOS.COM - Olahan ikan jendil khas Blora. (Istimewa/Instagram @khas_blora)

Solopos.com, BLORASungai Bengawan Solo merupakan sungai yang mengalir dari Pegunungan Sewu Surakarta menuju ke laut Jawa di utara Surabaya. Sehingga tentunya melewati wilayah Blora.

Sungai Bengawan Solo sendiri dikenal sebagai surganya ikan yang layak dikonsumsi seperti ikan sili, ikan areng-areng, ikan lempuk, udang watang supit biru, gloso dan masih banyak lagi.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Sungai Bengawan Solo yang melintas di wilayah timur Kabupaten Blora ternyata mempunyai ikan khas sejenis patin namun hidupnya di air keruh.

Dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id pada Senin (12/6/2023), warga di sekitar Kecamatan Kradenan, Kedungtuban hingga Cepu menyebut ikan tersebut dengan nama iwak jendil.

Ikan jendil memiliki karakteristik seperti ikan patin. Bedanya lebih panjang dan berukuran lebih kecil. Di sekujur tubuhnya terdapat lendir yang berwarna dominan hijau dan putih.

Ikan jendil juga tidak memiliki sisik serta berekor runcing. Untuk mendapatkan ikan jendil ini pun tergantung musim. Biasanya lebih mudah jika ditangkap saat kemarau di mana air mulai surut.

Lantaran rasanya yang unik dan lezat, ikan jendil ini sangat digemari masyarakat. Menu ikan jendil yang menjadi favorit pecinta kuliner yang datang ke rumah makan Blora biasanya olahan ikan jendil yang digoreng dan dimasak garang asem.

Ikan jendil sering dimasak goreng dengan bumbu tepung yang khas dan disajikan bersama kulupan, lalapan, serta sambal. Jika digoreng daging ikannya terasa gurih, empuk, dan krispi. Terlebih dimakan dengan nasi hangat dan sambel akan terasa nikmat.

Selain itu, tak kalah enak saat dimasak sayur garang asem, yaitu pepes ikan jendil yang dibungkus daun pisang. Jika digarang asem rasanya lebih segar dan bumbunya lebih terasa karena meresap sampai ke daging ikan.

Rasa ikan jendil khas Blora ini memang tidak bisa diragukan lagi. Bahkan banyak yang bilang kalau rasanya berbeda dengan jenis ikan sungai lainnya.

Tak heran jika olahan ikan ini menjadi favorit para pendatang Blora maupun masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya