SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Salatiga Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Rokhim (kanan) saat jumpa pers di Rumah Makan Oke Go Salatiga, Senin (23/10/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGAKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga secara resmi telah mengganti bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai Gerindra atas nama Sudiyono karena yang bersangkutan meninggal dunia.

Posisi Sudiyono sebagai Bacaleg digantikan oleh Sarwono yang akan mengikuti kontestasi pemilihan legislatif untuk daerah pemilihan (dapil) 3 Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Komisioner KPU Salatiga Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Abdul Rokhim, mengatakan usulan penggantian nama Bacaleg itu atas permintaan partai politik.

“Saya tegaskan siapapun tidak bisa mengusulkan kecuali lewat partai politik. Persisnya, pergantian dilakukan 21 Oktober 2023, diganti Sarwono,” terangnya saat acara Coffe Morning di Rumah Makan Oke Go, Salatiga, Senin (23/10/2023)

Dijelaskan untuk penyusunan dan penetapan caleg tetap akan dilakukan 3 November 2023. Selain itu, seluruh daftar caleg tetap (DCT) akan diumumkan pula ke media serta portal KPU.

Sesuai peraturan KPU, lanjut Rokhim menyatakan partai politik diperbolehkan melakukan penggantian Bacaleg dengan ketentuan terjerat proses hukum atau meninggal dunia.

“Intinya untuk daftar Bacaleg ini apapun perubahan boleh dilakukan hanya oleh partai politik bukan perseorangan,” katanya.

Hingga sekarang, KPU tengah fokus mengawal kedatangan logistik Pemilu 2024. Logistik yang telah tiba berupa karton druplek. Sedangkan tinta, segel atau kabel tis masih proses.

“Semua diajukan lewat sistem digital berupa aplikasi logistik (Silog) pemilu l. Perjalanan pengiriman [logistik] bisa dipantau lewat handphone,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya