SOLOPOS.COM - Joko Suranto yang kerap dijuluki Crazy Rich Grobogan saat berbincang dengan istri dan anaknya sebelum mengambil formulir pendaftaran cagub Jateng di Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kamis (13/6/2024). (Solopos.com-Imam Yuda S,)

Solopos.com, SEMARANG — Mengendarai mobil Volkswagen (VW) tipe Transporter atau Kombi, Joko Suranto dengan percaya diri mendatangi Kantor DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang, Kamis (13/6/2024) sore. Maksud kedatangan pria yang dijuluki Crazy Rich Grobogan itu tak lain untuk mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon gubernur Jateng yang diusung PSI dalam Pilgub Jateng 2024.

Joko datang tidak sendiri. Pengusaha di bidang properti itu ditemani istri, anak, dan rekan-rekannya untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai cagub Jateng.

Promosi Fokus Bisnis Berkelanjutan, BRI Masuk CNBC Indonesia Green Business Ratings

Kedatangannya pun disambut para kader PSI dengan hangat. Apalagi, Joko menjadi orang pertama yang mendaftarkan diri sebagai cagub Jateng di PSI, sejak pendaftaran dibuka pada 26 Mei 2024

“Iya, Pak Joko menjadi orang pertama yang daftar di PSI. Dia tadi ambil formulir calon gubernur,” ujar Ketua DPW PSI Jateng, Antonius Yogo Prabowo, kepada awak media, Kamis.

Sementara itu, Joko mengaku datang ke Kantor DPW PSI Jateng dengan mengendarai mobil VW Kombi karena terinspirasi dengan mobil tua buatan tahun 1940-an. Hal itu dikarenakan VW itu dirancang atau dimodifikasi oleh para orang-orang kreatif yang mampu memberikan manfaat terhadap lingkungannya.

“Ini cara kami menghargai teman-teman kita yang berusaha membuat mobil VW ini. Mereka bisa menekuni bidang yang mereka cintai dan membuka lapangan kerja bagi orang-orang di sekitarnya,” ujar Crazy Rich Grobogan itu.

Dalam kesempatan itu, Joko juga tidak menyebutkan secara pasti alasan dirinya mendaftar di PSI. Ia hanya menilai PSI memiliki lambang hati dan berwarna merah yang menjadi motivasi dirinya untuk bertarung di Pilgub Jateng 2024.

“Kenapa saya pilih PSI, karena PSI lambangnya hati dan berwarna merah. Itu menjadi semangat kita untuk membuat Jateng lebih baik,” ujar Crazy Rich Grobogan itu.

Niat Joko untuk meramaikan kontestasi Pilgub Jateng 2024 sebenarnya sudah terlihat sejak lama. Bahkan, baliho dirinya Bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menunjukkan dirinya bakal maju dalam kontestasi Pilgub Jateng sudah tersebar di sejumlah wilayah.

Berbagi

Ia mengaku termotivasi mencalonkan diri sebagai cagub Jateng karena ingin membawa perubahan yang lebih baik. Ia mengaku dorongan itu muncul dari pengalamannya yang kerap berbagi dengan warga yang membutuhkan.

“Saya itu sedih kalau dimintai tolong enggak bisa. Semoga ini [mencalonkan diri sebagai gubernur Jateng] menjadi bagian dari cara kami menjawab permintaan orang-orang yang meminta bantuan. Ada yang mengeluh putus kerja, hasil panen tidak baik, semoga saya bisa memberikan bantuan [dengan menjadi gubernur],” ujarnya.

Berdasarkan rekam jejaknya, Joko Suranto memang dikenal dengan aksi sosialnya. Ia bahkan pernah viral di media social (medsos) saat membangun jalan senilai Rp2,8 miliar di daerah asalnya, Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, medio 2022 lalu.

Berkat aksinya itu Joko Suranto pun dijuluki Crazy Rich asal Grobogan. Apalagi, setelah ditelusuri, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) itu juga pernah membantu pembangunan jalan di Kabupaten Bandung, Cicalengka, Subang, dan membangun 30 masjid di Jawa Barat.

“Crazy Rich itu bukan dari saya. Itu julukan yang diberikan netizen kepada saya. Kalau saya hanya orang yang suka berbagi. Alhamdulillah, dengan berbagi saya bisa memberi manfaat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya