SOLOPOS.COM - Joko Sadono, peternak lebah madu menunjukkan sarang lebah yang habis dipanen, di peternakan lebah miliknya, di Tuntang, Kabupaten Semarang, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Solopos.com, SEMARANG — Musim kemarau bagi sebagian orang mungkin suatu musibah. Namun, bagi para peternak lebah madu di Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, justru menjadi waktu memanen.

Pada musim kemarau, banyak tanaman yang berbunga, khususnya pohon karet yang menjadi salah satu kesukaan lebah madu.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Sekarang ini lagi musim bunga [pohon] karet. Biasanya, antara Agustus-September,” kata Joko Sadono, 35, peternak lebah di Tuntang, Kabupaten Semarang, Selasa (29/8/2023).

Joko tergabung dalam Kelompok Peternak Lebah Madu Sumber Nektar yang membudidayakan lebah jenis Apis mellifera yang menghisap nektar bunga kopi, karet, kapas randu, rambutan, dan kaliandra.

“Kalau untuk musim, Mei-Juni itu bunga randu, Juli-Agustus itu kopi tapi siklusnya cepet sekali, satu minggu. Juni-Juli musim kaliandra, sedangkan Agustus-September musim bunga karet,” katanya yang dikutip dari Antara.

Saat ini, ada 90 kotak budi daya lebah madu yang dimiliki ayah dua putri tersebut. Masing-masing kotaknya berisikan delapan sisir rumah lebah untuk tempat madu dipanen.

“Saya panen setiap 10 hari sekali. Jadi, sebulan bisa 3-4 kali. Untuk ukuran standarnya, satu kotak bisa berisi dua kilogram madu. Tergantung musim, kebetulan ini lagi bagus musimnya,” katanya.

Mengenai harga madu, kata dia, setiap kilogramnya sekitar Rp90.000-Rp100.000 untuk sistem curah, tetapi Joko juga mengemasnya sendiri yang dijualnya seharga Rp100.000 untuk ukuran 500 mililiter.

“Pas Covid-19 sebenarnya musimnya bagus, tapi kan enggak bisa ke mana-mana. Terasa itu tahun 2021-2022 saat musim hujan, hampir enggak ada panas. Pohon tidak berbunga, lebah juga tidak produksi,” katanya.

Sejak 2014 menekuni budi daya lebah madu, Joko mengaku sudah banyak merasakan suka dukanya, termasuk ketika pandemi Covid-19 yang membuat usahanya tersendat, padahal saat itu permintaan besar.

Untuk akses permodalan, peternak lebah madu yang juga tergabung dengan Persatuan Perlebahan Jawa Tengah (PPJT) itu mengaku terbantu dengan bantuan modal berbunga ringan dari PT Jamkrindo.

“Saya ambil pinjaman Rp50 juta untuk jangka dua tahun. Pertama ambil tahun 2020, sudah lunas. Lalu, saya ambil lagi, nanti jatuh temponya 2024,” katanya.

Selain Joko, ada sembilan peternak lebah madu lainnya di Kelompok Peternak Lebah Madu “Sumber Nektar” yang juga sudah mengakses permodalan dari salah satu perusahaan pelat merah tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Jamkrindo Aribowo menyampaikan bantuan permodalan itu merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pemberdayaan masyarakat, termasuk peternak lebah madu.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam bentuk pemberdayaan pada masyarakat. Selain itu, ini merupakan kontribusi Jamkrindo terhadap salah satu pilar ekonomi Sustainable Development Goals [SDGs],” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya