SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala daerah. (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – DPC PDIP Kota Semarang akan membuka penjaringan atau pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilwalkot Semarang 2024 pada bulan Mei nanti. Kendati baru dibuka Mei, PDIP Semarang mengaku sudah banyak tokoh yang tidak sabar untuk mengambil formulir pendaftaran, terutama dari kalangan pengusaha.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Kadarlusman atau yang karib disapa Pilus, kepada Solopos.com, Senin (22/4/2024). Pilus mengaku sudah ada beberapa orang yang menunggu pendaftaran dibuka dan siap mengajukan diri untuk maju sebagai calon wali kota maupun calon wakil walikota Semarang melalui PDIP.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Alhamdulillah, sudah ada beberapa yang nunggu pendaftaran. Rata-rata pengusaha, kalau purnawirawan belum ada,” ujar Pilus.

PDIP saat ini menjadi satu-satunya partai politik yang mampu mengusung calon sendiri pada Pilwalkot Semarang 2024. Hal itu menyusul perolehan kursi PDIP di DPRD Kota Semarang yang memenuhi ambang batas atau 20% dari total 50 kursi di DPRD Kota Semarang.

Kendati demikian, PDIP tetap akan membuka pintu koalisi dengan partai politik lain dalam menghadapi Pilwalkot Semarang 2024. “Kami terbuka [koalisi]. Kalau mau ada yang gabung ya silakan,” ujar Ketua DPRD Kota Semarang itu.

Sekadar informasi, penjaringan atau pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilwalkot Semarang 2024 melalui PDIP dibuka mulai 2-11 Mei 2024. Sementara, proses pengembalian formulir pendaftaran ditetapkan tanggal 13-18 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya