SOLOPOS.COM - Logo PDIP (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — DPC PDIP Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), resmi membuka penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2024 hari ini, Kamis (2/5/2024). Eks Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, pun menjadi orang pertama yang mengambil formular pendaftaran.

Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Kadarlusman atau yang karib disapa Pilus, yang menyebut pada hari pertama penjaringan baru Supriyadi yang mengambil formular pendaftaran.

Promosi Dukung UMKM Go Ekspor, BRI Berangkatkan UMKM Kopi Gravfarm Ikuti Expo di AS

“Kemarin memang ada beberapa yang tanya-tanya. Terus setelah kita buka baru Mas Supriyadi yang ambil, lainya mungkin menyusul atau lagi cari hari baik atau apa kan? Karena mereka punya keyakinan sendiri-sendiri,” kata Pilus kepada Solopos.com, Kamis.

Disinggung mengenai sosok lain yang tengah mencari hari untuk menganbil formulir pendaftaran itu, Pilus enggan membeberkan namanya. Ia baru akan menyampaikan bila mereka sudah mengambil formulir pendaftaran.

“Intinya kita terbuka untuk umum. Siapa saja boleh baik kader PDIP atau dari luar [partai PDIP] kita persilahkan. Dan ini [pembukaan penjaringan] juga masih lama sampai tanggal 11 Mei, tunggu saja,” pintanya.

Sementara mengenai dirinya apakah akan mengambil formulir pendaftaran, Pilus hanya tertawa. Ia mengaku ada kader atau sosok lain yang dinilai lebih kompeten untuk maju di Pilwalkot Semarang.

“Meskipun ada sih dorongan dari partai, dari masyarakat umum juga ada, dari tokoh-tokoh juga banyak, tapi belum minat sampai saat ini. Jadi biar yang lain saja yang lebih mampu yang lebih mumpuni,” akunya.

Sementara Ketua DPC PDIP Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau yang karib disapa Hendi, mengaku partainya akan memprioritaskan incumbent atau petahana, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, untuk kembali maju dalam Pilwalkot Semarang 2024.

Oleh karenanya, ia pun mempersilakan Mbak Ita, sapaan karib Hevearitaa, untuk mengambil formulir pendaftaran. “[Incumbent?] Tanya saja to mau enggak orangnya [Ita]. Kemarin kan itu [tidak berniat maju kembali]. Tapi kalua daftar pasti kami usulkan, kami sampaikan [ke DPP],” ujar Hendi.

Hendi yang juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Semarang periode 2013-2015 dan 2016-2022 itu mengaku incumbent juga akan diprioritaskan untuk pengusulan ke DPP PDIP. Meski demikian, keputusan akhir rekomendasi sepenuhnya menjadi kewenangan DPP PDIP.

“Tentu [kami prioritaskan], harus, beliau kan juga kader PDIP,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya