SOLOPOS.COM - Petugas saat melakukan pengecekkan dan pemilihan logistik pemilu di Gudang KPU Kota Salatiga Kamis (1/2/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Dua pekan menjelang hari pemungutan suara Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga terus mempercepat pemilahan logistik pemilu di Gudang KPU Kota Salatiga, Kamis (1/1/2024). Direncanakan logistik tersebut sudah selesai terpilah dan mulai didistribusikan pada pekan depan.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Salatiga Yesaya Tiluata. Dia menyebut, saat ini pihaknya sedang berupaya menyelesaikan pemilahan surat suara untuk dipisahkan berdasarkan masing-masing TPS.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Saat ini sudah masuk dalam tahapan checking dan packing. Jadi, teman-teman Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengecek kembali jumlah surat suara dan logistik lainnya. Untuk memastikan jumlahnya sama dengan kebutuhan,” terang Yesaya kepada Solopos.com, Kamis (1/2/1014).

Dikatakan, setelah pengecekkan dan pemilihan selesai, akan didistribusikan. Harapannya distribusi bisa dilakukan pada pekan depan di tingkat PPK kecamatan. Kemudian selanjutnya diturunkan lagi untuk dikirim ke tingkat kelurahan.

“Regulatifnya mengatur bahwa H-2 sudah harus sampai di PPS, Kelurahan masing-masing,” kata Yesaya.

Terkait dengan surat suara yang tersortir atau rusak di KPU Kota Salatiga, jumlahnya sekitar 2.000-an surat suara. Pihaknya juga sudah koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Tengah untuk mengganti surat suara yang tersortir.

“Kita masih menunggu untuk proses dikirim kembali oleh percetakan dan koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Tengah,” kata Yesaya.

Sebagai informasi, total TPS di Kota Salatiga ada 652 TPS. Salah satunya merupakan TPS khusus yang berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga. Sedangkan untuk jumlah pemilih tetap (DPT) ada 146.267 pemilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya