SOLOPOS.COM - Petugas dibantu warga memindahkan pos samping kapal nelayan yang terbakar di Pelabuhan Jongor, Tegal, Jawa Tengah, Senin (14/8/2023) malam. (Solopos.com-Antara/Okky Lukmansyah).

Solopos.com, TEGAL — Seorang pemilik kapal di Pelabuhan Jongor, Haji Ruslani, mengungkapkan detik-detik terjadinya kebakaran dahsyat yang melanda di pelabuhan di Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng) itu pada Senin (14/8/2023) malam. Menurutnya, kebakaran itu berawal dari terbakarnya sebuah kapal nelayan yang tengah bersandar di dermaga pelabuhan tersebut.

Ruslani mengatakan peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Akibat kebakaran itu, puluhan kapal, termasuk lima kapal milik Ruslani, yang tengah bersandari di Pelabuhan Jongor, turut dilahap si jago merah.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Awalnya kurang tahu. Tapi, informasinya ada kapal nganggur di sebelah selatan. Entah karena puntung rokok atau apa, terus kebakar dan merambat [ke kapal lainnya],” ungkap Ruslani kepada Solopos.com, Senin malam.

Ruslani mengaku saat ini kebakaran yang melanda puluhan kapal di Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, masih berlangsung. Api yang membakar puluhan kapal belum berhasil dipadamkan.

“Informasinya belum padam. Ini juga mau ke pelabuhan,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Dirpolairud Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi, membenarkan terkait peristiwa tersebut. Saat ini, proses pemadangan dan evakuasi tengah berlangsung.

“Masih proses pemadaman. Untuk asal api masih kita dalami,” ungkap Kombes Pol Hariadi singkat.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa kebakaran dahsyat melanda Pelabuhan Jongor, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng), Senin (14/8/2023) malam. Peristiwa itu dipicu terbakarnya sebuah kapal nelayan yang tengah berlabuh di dermaga pelabuhan.

Video kebakaran itu pun beredar di berbagai platform media sosial. Salah satunya di media sosial Instagram yang diunggah akun @tegalterkini.id.

Terjadi kebakaran sebuah kapal nelayan di kawasan Pelabuhan Jongor, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, kota Tegal, pada hari ini Senin, 14 Agustus 2023 malam. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut,” tulis akun @tegalterkini.id, Senin malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya