SOLOPOS.COM - Pengusaha dan politikus Nasdem Thomas Suyanto saat menyerahkan berkas pendaftaran calon wakil wali kota Salatiga di Kantor DPC Gerindra, Senin (27/5/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Pengusaha sekaligus politisi senior, Thomas Suyanto menjadi yang pertama mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon (balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga periode 2025-2029 melalui Partai Gerindra, Senin (27/5/2024).

Thomas mengatakan, secara pribadi berencana “melamar” posisi bakal calon Wakil Wali Kota Salatiga.

Promosi Fokus Segmen UMKM & Ultra Mikro, Analis Rekomendasikan Saham BBRI

Menurutnya, pilihan menjadi wakil menjadi hal rasional dan telah mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak.

“Posisi Wakil itu juga melihat background saya yang nonmuslim. Adapun visi dan misi saya sesuai tagline ingin melanjutkan Salatiga Hati Beriman Sejahtera,” terangnya usai menyerahkan berkas pendaftaran, di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Salatiga, Senin.

Thomas mengaku, secara personal memilih Partai Gerindra karena memiliki sejarah masa lalu. Sebelum bergabung Partai Nasdem, pernah maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) melalui Partai Gerindra.

Thomas menyebut, selain memiliki modal hubungan memberanikan diri maju sebagai Balon Wakil Wali Kota Salatiga karena juga telah mengenal Kota Salatiga hal itu dinilai suatu bekal.

“Tapi, rekomendasi nanti urusan DPP Partai Gerindra. Habis seremonial pengembalian formulir nanti dilanjut diskusi internal,” katanya.

Pihaknya mengaku, mengenai ke depan bakal dipasangkan dengan kandidat lain yang menjadi Wali Kota Salatiga sudah mempersiapkan diri.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Salatiga Yuliyanto menjelaskan, telah cukup lama mengenal Thomas Suyanto. Hanya saja, urusan rekomendasi menjadi kewenangan DPP Partai Gerindra.

“Selain elektabilitas yang menjadi ukuran rekomendasi turun juga menyangkut isi tas. Itu, untuk biaya saksi, serta atribut partai maupun calon. Semua, musti disiapkan sebagai bentuk keseriusan,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Salatiga dua periode itu memaparkan sampai saat ini ada sekira enam orang yang mengambil formulir balon Wali Kota dan Wakil Walikota di Partai Gerindra mulai Thomas Suyanto, Dandan Febri Herdiana, Sri Wahyuni, Hariyono Masturi, Ucok, dan Agung Darmawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya