SOLOPOS.COM - Penyemprotan gudang KPU Batang. (berita.batangkab.go.id)

Solopos.com, BATANG-Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Batang Kharis Nurhasim menyampaikan pihaknya rutin melakukan penyemprotan setiap tiga hari sekali di hampir seluruh sudut ruangan gudang KPU.

“Penyemprotan cairan khusus perlu diintensifkan, melihat mayoritas logistik berbahan kertas atau kardus yang rawan diserang rayap atau serangga lainnya,” katanya, saat mendampingi proses penyemprotan cairan anti rayap di gudang KPU Batang, Kabupaten Batang, dikutip dari berita.batangkab.go.id pada Selasa (7/11/2023).

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Pengamanan di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batang makin intens digelar. Tak hanya bersinergi bersama Bawaslu dan Polres Batang, namun petugas pengamanan KPU rutin melakukan penyemprotan cairan anti serangga di tiap sudut, untuk mencegah logistik pemilu rusak akibat serangan rayap, semut hingga hewan pengerat seperti tikus.

Penyemprotan gudang KPU Batang telah dilakukan sejak logistik pertama tiba dan akan terus diintensifkan hingga menjelang pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke seluruh TPS.

“Penyemprotan sudah dilakukan sejak 16 Oktober sampai sekarang ya rutin tiap tiga hari sekali disemprot anti rayap,” jelasnya.

Sejumlah titik rawan sudah diantisipasi dengan dilakukan penutupan lubang termasuk memasang perangkap lem tikus.  “Alhamdulillah sampai saat tidak ada tikus dan sejenisnya. Hanya saja cuaca hujan memang jadi perhatian kami, seperti perbaikan atap yang sempat bocor, namun tidak sampai merusak logistik pemilu,” ungkapnya.

Petugas pengamanan gudang KPU Cahyo Anis Mardian menerangkan cairan penyemprotan yang digunakan sejenis pestisida namun lebih spesifik untuk penanganan rayap dan semut.

“Walaupun jadwalnya tiga hari sekali, tapi ketika ditemukan ada semut, rayap, langsung disemprot. Takarannya untuk setiap kali menyemprot dibutuhkan empat sendok takar untuk 16 liter air,” ujar dia.

Sebelumnya KPU Kabupaten Batang menerima pendistribusian kotak suara dari KPU Pusat sebanyak 4.099 untuk memenuhi kekurangan sebelumnya. Pekan lalu KPU Batang telah menerima 8.018, sehingga total kini telah menerima 12.875 kotak suara.

Di samping itu, KPU Batang juga telah menerima 39 kotak suara pengganti, yang dalam pengiriman sebelumnya ditemukan kerusakan.
Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Batang Kharis Nurhasim mengatakan kebutuhan kotak suara sejumlah 12.875 dan bilik suara sejumlah 10.276, seluruhnya telah terpenuhi.

“Logistik lain seperti 5.138 tinta sudah sampai. Saat kami tinggal menunggu segel plastik yang sedang dalam proses pengiriman,” katanya, saat ditemui di gudang KPU, Kabupaten Batang, Jumat (3/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya