SOLOPOS.COM - Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.1 BBPJN Jateng & DIY, Wishnu Herlambang (kanan), saat menunjukan kerusakan di sambungan Jembatan Kali Babon Semarang, Senin (6/5/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Jawa Tengan dan Daerah Istimewa Yogyakarta (BBPJN Jateng-DIY) bakal melakukan perbaikan Jembatan Kali Babon yang berada di wilayah Kaligawe, Kota Semarang. Proses perbaikan akan dilakukan selama dua bulan yang berpotensi memunculkan kemacetan di jalur lalu lintas Semarang-Demak.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.1 BBPJN Jateng DIY, Wishnu Herlambang, mengaku jembatan Kali Babon kerap mengalami kerusakan dan sering kali diperbaiki. Kali ini perbaikan akan menyasar pada oprit jembatan agar tidak terjadi kerusakan secara berulang.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Jadi pelaksanaanya [perbaikan] terhadap oprit jembatan, kemudian dinding yang jebol dekat sambungan [jembatan]. Maka catatan ini [perbaikan] dalam bentuk pemeliharaan lantai jembatan, hanya permukaanya saja atau jembatan tetap digunakan atau tidak dilakukan pembongkaran,” kata Wishnu saat meninjau lokasi Jembatan Kali Babon Semarang, Senin (6/5/2024).

Adapun mengenai perbaikan oprit ini, terang Wishnu, aspal bakal diganti dengan beton agar lebih awet dan kuat. Sebab, penggunaan aspal dengan kondisi jalan yang sering dilalui kendaraan berat, membuat aspal sering mengelupas atau berlubang sehingga membahayakan pondasi jembatan.

“Karena selama ini, beberapa kali perbaikan aspal selalu mengalami kerusakan. Harapannya, setelah diganti bisa semakin kuat,” harapnya.

Lebih lanjut, bila tanpa kendala, maka perbaikan ini akan selesai dalam kurun waktu dua bulan. Adapun tahap perbaikan bakal dilakukan terlebih dahulu di jalur A atau Semarang arah ke Demak dengan sistem 3-1 atau 3 jalur on dan satu jalur off.

“Mulai besok [perbaikan], sesuai arahan Satlantas, 3 jalur dipakai [on] satu jalur nanti diperbaiki [off], jadi bergantian nanti [perbaikannya]. Pertama di jalur A, terus jalur B [arah Demak ke Semarang]. Perbaikan kemungkinan sampai awal atau pertengahan Juli,” ungkapnya.

Sementara itu, Kanit Lantas Polsek Genuk, AKP Bambang Triyono, bakal menerjunkan tim saat perbaikan Jembatan Kali Babon Semarang dilakukan. Tujuannya tak lain untuk mengurai kemacetan dan mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas.

“Jadi nanti akan berdampak pada arus lalulintas, khususnya dari arah Semarang menuju ke Demak. Kita akan buatkan antisipasi [kepadatan],” terang AKP Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya