SOLOPOS.COM - Kepala Rutan Salatiga, Redy Agian. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga resmi memiliki nakhoda baru, yaitu Redy Agian. Di waktu sebelumnya, Redy Agian bertugas di Rutan Garut, Jawa Barat.

Ia menggantikan Andri Lesmano yang akan pindah tugas di Rutan Temanggung. Serah terima jabatan di lakukan di Rutan Salatiga pada Sabtu (4/11/2023).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Dalam kesempatan itu, Redy Agian mengaku memiliki program unggulan untuk menjadikan tahanan atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam menjadi imam salat setelah keluar dari rutan.

Guna mewujudkan hal itu, lanjut Redy, pihaknya juga akan mendidik warga binaan agar bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an. Setelah itu, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan Kemenag untuk mewujudkan ‘santri-santri’ Rutan Salatiga menjadi imam di masjid-masjid Kota Salatiga.

“Kami akan bekerja sama dengan Kemenag Salatiga, bagaimana ‘santri-santri’ eks Rutan Salatiga menjadi imam-imam, marbot, masjid-masjid di Kota Salatiga. Itu program unggulan saya,” terang Redy kepada Solopos.com, Sabtu (4/11/2023).

Saat ini pihaknya sedang melakukan pemetaan warga binaan guna menggali potensi untuk menghafal Al-Qur’an. Harapannya, keluar dari Rutan Salatiga minimal bisa hafal satu juz.

“Warga binaan yang belum bisa mengaji, itu saya wajibkan untuk bisa ngaji dan salat. Sementara untuk yang nonmuslim kami sesuaikan dengan pendidikan rohani,” terang Redy.

Hal itu dilakukan agar saat warga binaan Rutan Salatiga setelah keluar bisa diterima di masyarakat. Selain itu, pihaknya juga akan melayani warga binaan secara optimal dengan melakukan pelayanan sesuai dengan wilayah bebas korupsi (WBK), tidak ada pungli dan tidak ada tekanan.

Dibeberkan, ke depannya Rutan Salatiga yang cukup minimalis ini akan ada perluasan kantor. Saat ini sudah ada hibah dari bekas pengadilan negeri Salatiga. Untuk merealisasikan itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat.

“Saya akan mencoba memberikan solusi untuk perluasan Rutan Salatiga agar bisa memberikan fasilitas yang lebih memadai,” tandas Redy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya