SOLOPOS.COM - Pelaksanaan penerangan keliling (penling) oleh Polres Kebumen bersamaan dengan memasuki hari terakhir Operasi Zebra Candi 2023, Minggu (17/9/2023). (Istimewa/Instagram @polreskebumen)

Solopos.com, KEBUMEN — Satlantas Polres Kebumen menggelar penerangan keliling (penling) bersamaan dengan memasuki hari terakhir Operasi Zebra Candi 2023. Penling ditujukan agar masyarakat selalu patuh dan tertib berlalu lintas.

Saat Operasi Zebra Candi 2023, angka pelanggaran lalu lintas di Kebumen masih terbilang tinggi. Data yang berhasil dirangkum selama operasi berlangsung, Polres Kebumen menilang sebanyak 1.484 pengendara dan 7.667 teguran kepada pelanggar.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Kapolres Kebumen, AKBP Burhanuddin, melalui Kasat Lantas Polres Kebumen, AKP Tejo Suwono, memimpin pelaksanaan penling di hari terakhir Operasi Zebra Candi 2023. Penling kali ini dilakukan di Simpang Empat Pegadaian Cabang Kebumen, tepatnya sebelah barat Pasar Tumenggungan.

Penling kali ini melibatkan Jasa Raharja. Pelibatan Jasa Raharja saat kegiatan penling agar kegiatan semakin maksimal. Kolaborasi antara Polri dengan PT Jasa Raharja sangat erat kaitannya dalam kasus penanganan kecelakaan lalu lintas.

“Adapun cara bertindak (CB) yang kami lakukan pagi ini, yaitu humanis. Sehingga diharapkan, pesan dari penerangan lingkungan dapat sampai dan diaplikasikan oleh masyarakat,” jelas AKP Tejo dalam unggahan di Instagram @polreskebumen, Minggu (17/9/2023).

Saat penling berlangsung, para pengguna jalan di Jalan Soekarno Hatta Kebumen diberikan edukasi mengenai pentingnya mengenakan helm SNI, penggunaan sabuk keselamatan bagi pengendara mobil, serta selalu mengecek kelaikan kendaraan bermotor saat akan bepergian.

Kegiatan menarik lainnya, Sat Lantas Poles Kebumen memberian reward berupa helm kepada anak-anak, penjual jajanan, pedagang sayur-mayur, dan penjual jamu.

“Pemberian reward ini juga untuk merangsang masyarakat agar semakin peduli terhadap keselamatannya dengan selalu tertib berlalu lintas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya