SOLOPOS.COM - Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari saat memberikan arahan kepada anggota yang ditugaskan melakukan pengamanan di Kebumen dan Brebes Senin (12/2/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA–Sebanyak 56 personel Polres Salatiga akan melaksanakan tugas BKO (Bawah Kendali Operasi) pengamanan pemungutan Suara di Polres Kebumen dan Polres Brebes. Mereka diperbantukan di dua wilayah untuk melancarkan jalannya pesta demokrasi.

Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, berpesan kepada personel yang akan berangkat BKO agar segera berkoordinasi dengan Polres Kebumen maupun Polres Brebes untuk membantu pengamanan Pemilu 2024.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran pemilu, maka Polres Salatiga akan menerjunkan personelnya pada saat pemungutan suara termasuk 50 personel yang akan tugas BKO ke Polres Kebumen dan 6 personel ke Polres Brebes,” kata Kapolres, Senin (12/2/2024).

Dia menambahkan sebagai penjaga keamanan dan pelindung masyarakat, Polri memiliki peran krusial dalam menjamin jalannya proses demokrasi agar berjalan lancar, tertib, aman, dan damai.

Kepada personel yang tugas BKO, AKBP Aryuni mengharapkan agar segera memahami sepenuhnya petunjuk dan protokol yang telah disiapkan. Selanjutnya agar berkoordinasi dengan kesatuan di mana bertugas.

“Pastikan komunikasi berjalan lancar agar dapat bekerjasama bersinergi demi suksesnya tugas pengamanan pemungutan suara. Tugas pengamanan ini bukan semata pengamanan secara fisik, tetapi juga menjaga keamanan psikologis masyarakat,” kata Kapolres.

Dia juga meminta agar personel yang bertugas untuk bersikap ramah, bijak, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat serta menyampaikan informasi dengan jelas dan transparan. Sehingga, lanjutnya, masyarakat merasa aman dan yakin bahwa proses demokrasi berjalan dengan baik, dan menunjukkan bahwa Polri Netral.

Selesai apel, Kapolres Salatiga mengecek kaporlap yang telah dibagikan termasuk mengecek isi tas anggota khususnya yang tugas BKO guna memastikan perlengkapan yang dibawa memadai selama tugas BKO, dan fokus memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya