SOLOPOS.COM - Mahasiswa UIN Salatiga saat menerima medali dalam ajang Pekan Olahraga Seni dan Ilmiah se-Jawa dan Madura I (Porsi Jawara) di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Pekan Olahraga Seni dan Ilmiah se-Jawa dan Madura I (Porsi Jawara I) resmi berakhir Sabtu (4/11/2023). Pada ajang kompetisi untuk mahasiswa perguruan tinggi Islam itu, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga berhasil menyabet 11 medali.

Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin, mengapresiasi perjuangan mahasiswa yang mengikuti ajang tersebut di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dirinya menilai hasil dari Porsi Jawara tersebut merupakan cerminan dari proses mahasiswa untuk berkembang.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Ajang ini bertujuan menguji capaian dari proses latihan dan tempaan yang selama ini dilakukan. Saya yakin, semua mahasiswa yang terlibat dan berkontribusi pada gelaran Porsi Jawara I mendapat banyak pelajaran dan pengalaman sekaligus bahan evaluasi untuk terus meningkatkan porsi latihan agar sukses pada ajang mendatang,” kata Rektor, Senin (6/11/2023).

Ketua Forum Wakil Rektor 3 PTKIN Jawara, Hidayatullah, mengatakan gelaran Porsi Jawara adalah ajang rekognisi bakat dan minat mahasiswa.

“PTKIN harus bisa mendorong bakat, minat, dan kemampuan mahasiswa agar kelak hal tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan bangsa dan negara,” terangnya.

Dirinya berharap atlet yang berlaga pada Porsi Jawara I bisa mendapat banyak manfaat. Sehingga bukan hanya dilihat dalam segi persaingan.

“Alih-alih perlombaan, kegiatan ini harus dilihat sebagai momen untuk bersilaturahmi secara intelektual, olahraga, dan seni. Momen ini harusnya bisa mendatangkan banyak manfaat,” katanya.

Dalam ajang yang digelar pada Rabu-Minggu (1-5/11/2023) itu, UIN Salatiga berhasil menduduki peringkat 11 klasemen dan meraih 11 medali pada gelaran Porsi Jawara I. Rinciannya satu emas, enam perak, serta empat perunggu.

Medali emas diraih oleh Achmad Syarofuddin pada cabang lomba puitisasi Al-Qur’an kategori putra. Medali perak diraih cabang lomba Debat Konstitusi, panjat tebing lead perorangan putra (Wahid Prasetya), bola voli putri, pencak silat seni beregu putra (Hafi Fahru/Isnu Rangga/Choerul Huda), film pendek tim, dan karate kata individu putri (Dinda Karisanisa).

Sedangkan medali perunggu diraih cabang lomba bulu tangkis tunggal putri (Aura Sang Kurnia), MQH 30 juz putri (Yunita Velisia), MTQ putra (Muhammad Sahdan), dan MQK putra (Razif Hanani).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya