SOLOPOS.COM - Sejumlah remaja di Gunungkidul sedang bermain dan berlatih gateball di Alun-alun Wonosari. (Harian Jogja/David Kurniawan)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Sebanyak 32 tim di Jateng ditambah delapan Darma Wanita mengikuti Kejuaraan Gateball Jateng Seri XVI di Temanggung, Minggu (12/11/2023).

Kegiatan yang ditujukan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-189 Kabupaten Temanggung 2023 tersebut dibuka Hary Agung Prabowo selaku penjabat (Pj) bupati di Temanggung.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Gateball di Temanggung muncul tahun 2009. Sejak tahun itu mulai bergema di beberapa kota termasuk, di Bali gateball mulai memasyarakat setiap 18 kabupaten/kota.

Perkembangan gateball di Temanggung terus menunjukkan tren positif. Di 2009, jumlah peminatnya terbilang banyak. Tidak hanya kalangan tertentu tetapi juga anak-anak dan guru-guru.

“Permainan ini membutuhkan kejelian, ketangkasan permainan, ketelitian permainan. Saya yakin bahwa nanti gateball akan semakin bagus dan semakin seluruh kabupaten/kota di Jateng akan memiliki gateball ini,” kata Hary Agung Prabowo, seperti dikutip dari Antara, Minggu.

Ketua Pengurus Provinsi Jateng Persatuan Gateball Seluruh Indonesia, Eko Yunianto, mengatakan saat ini sudah terbentuk 18 pengurus daerah yang komplet enam kota di Jateng sudah terbentuk semua. Jadi 16 pengurus daerah lagi yang harus dibentuk.

“Dalam perkembangannya, cabor gateball Jateng sudah bergabung dengan KONI. Ini memberikan suatu tujuan sekaligus tuntutan bahwa selain kita rekreasi, yaitu memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Menyosialisasikan, khususnya gateball pada masyarakat sekaligus dituntut prestasi ini tentu tugas yang tidak mudah untuk kita wujudkan ke depan,” katanya.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya