SOLOPOS.COM - Ilustrasi bendera Partai Golkar (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG – Perolehan kursi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Pemilu Legislatif 2024 dipastikan bertambah. Hal itu berdasarkan hasil rapat pleno penghitungan suara di tingkat Jawa Tengah yang telah berakhir pada Sabtu (9/3/2024) dini hari.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Partai Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono, mengatakan perolehan suara partainya pada Pemilu 2024 mencapai 2.253.697 suara. Dengan raihan suara sebanyak itu, partai berlambang pohon beringin itu pun yakin bisa meloloskan 17 wakilnya di DPRD Jateng, atau naik lima kursi dibandingkan Pemilu 2019.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Kita naik lima kursi di Pemilu 2024 ini. Sebelumnya [Pemilu 2019] hanya 12 kursi,” kata Iqbal kepada Solopos.com, Senin (11/3/2024).

Kenaikan tersebut, lanjut Iqbal, Partai Golkar dipastikan bakal menduduki 17 kursi DPRD Jateng. Rinciannya, dari 13 Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada, tiap Dapil berhasil meloloskan satu caleg kecuali di Dapil 3, 6, 11, dan 13 yang berhasil membawa dua calegnya unggul.

Iqbal memperkirakan ada sebanyak lima orang wajah baru atau caleg baru. Sementara 12 anggota di antaranya merupakan wajah lama atau petahana yang kembali mencalonkan diri pada Pemilu 2024.

“Yang alami kenaikan itu ada di Dapil 3 [Demak, Kudus, Jepara] naik 1 [kursi], Dapil 6 [Wonogiri, Karangayar, Sragen] naik 1, Dapil 11 [banyumas, Cilacap] naik 1, terus Dapil 1 [Kota Semarang] 2019 kosong 2024 ini kita berhasil meraih 1, terakhir di Dapil 13 [Batang, Pekalongan, Pemalang, Kota Pekalongan] naik 1,” rincinya.

Sementara saat disinggung mengenai capaian 17 kursi ini apakah sudah sesuai target, Iqbal mengaku belum. Namun, kenaikan kursi di DPRD Jateng ini merupakan hal yang patut disyukuri dan dibanggakan.

“Kalau target anjurannya 20 persen [24 kursi] dari total 120 kursi DPRD Jateng. Agar bisa mencalonkan Gubernur Jateng. Namun tetap saja kenaikan lima kursi ini luar biasa dalam kondisi Partai Golkar sekarang. Kita syukuri prestasi saat ini. Dan harapannya di 2029 nanti kita bisa sampai 20 persen,” harapnya.

Iqbal pun meminta para kader baik yang sudah lolos maupun belum untuk tetap menguatkan semangat demi menyongsong Pemilu 2029 mendatang. Ia berpesan agar para caleg tak melakukan perbuatan melanggar hukum agar kepercayaan di masyarakat Jawa Tengah tetap terjaga.

“Kita harus kuatkan konsolidasi dan kaderisasi partai. Dan kawan-kawan harus terus berbuat baik. Karena partai itu di hati masyarakat. Maka jangan berbuat tercela, apalagi korupsi. Harus amanah karena korupsi perilaku yang memberi rasa sakit kepada rakyat,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya