SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Perolehan kursi Partai Gerindra di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Pemilu Legislatif 2024 dipastikan bertambah. Hal itu berdasarkan hasil rapat pleno penghitungan suara di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang telah berakhir pada Sabtu (9/3/2024) dini hari.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, mengatakan perolehan suara partainya pada Pemilu 2024 mencapai 2.592.886 suara. Dengan raihan suara sebanyak itu, Gerindra yakin bisa meloloskan 17 wakilnya di DPRD Jateng, atau naik empat kursi dibandingkan Pemilu 2019.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Tahun ini [2024] naik empat kursi dari Pemilu 2019 yang hanya 13 kursi,” kata Sriyanto kepada Solopos.com, Minggu (10/3/2024).

Terkait kenaikan suara tersebut, lanjut Sriyanto, Gerindra Jawa Tengah dipastikan bakal menduduki 17 kursi di DPRD Jateng. Rinciannya, dari 13 Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada, tiap Dapil berhasil meloloskan satu calegnya. Sedangkan untuk di Dapil 7, 11, 12 dan 13, Gerindra berhasil menempatkan dua calegnya di masing-masing dapil itu.

“Terus dari 17 kursi itu, enam di antaranya wajah baru. Tapi nama-namanya saya enggak hafal. Tapi ada sekitar enam yang sudah kita pastikan [wajah baru],” bebernya.

Sriyanto pun mensyukuri Partai Gerindra berhasil memperoleh tambahan empat kursi pada Pemilu 2024 ini. Meskipun, hasil yang diraih belum cukup memuaskan karena terdampak sejumlah kendala selama kontestasi Pemilu 2024.

“Sudah cukup membanggakan [hasil perolehan kursi DPRD Jateng]. Walaupun tentunya belum sesuai target. Karena apa? Caleg Gerindra kan kemarin juga fokus kemenangan Prabowo-Gibran. Jadi terpecah [konsentrasi kemenangannya], enggak hanya pilegnya tapi juga pilpres. Namun tetap saja hasil kali ini patut untuk disyukuri dan dibanggagkan,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), telah selesai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Sabtu (9/3/2024) dini hari. Dari hasil rapat tersebut, pasangan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dinyatakan sebagai pemenang atau peraih suara terbanyak di Provinsi Jateng dengan perolehan 12.096.454 suara.

Sementara pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, yang diusung PDIP, memperoleh 7.827.335 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, berada di urutan ketiga dengan perolehan suara paling sedikit di Jateng, yakni 2.866.373 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya