SOLOPOS.COM - Penampilan naga liong dalam festival naga yang diselenggarakan di Saloka Theme Park Tuntang Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024) sore. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG – Menyambut Tahun Baru Imlek, taman rekreasi Saloka Theme Park Tuntang Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menyelenggarakan Festival Naga. Kemeriahan Festival Naga ini akan menemani liburan panjang pengunjung mulai dari Kamis-Minggu (8-11/2/2024).

Saat pengunjung masuk ke Saloka Theme Park akan disuguhi dengan gapura merah Imlek yang berlatar belakang patung Loka raksasa. Ada juga naga raksasa yang akan menyambut kedatangan pengunjung setelah loket pembelian tiket. Naga kayu ini dipilih karena memang sesuai dengan shio tahun ini. Naga dengan perpaduan warna merah dan kuning ini memiliki panjang hingga 20 meter.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Selain meriahnya dekorasi, berbagai pertunjukkan khas Imlek juga ditampilkan sepanjang hari untuk menemani momen liburan Imlek para pengunjung Saloka. Seperti naga liong, barongsai, dan yang paling berbeda adalah pertunjukan The Loka Warrior Show.

Pertunjukkan ini menggabungkan budaya China dan Jawa dengan pemeran utamanya Naga Loka dan Naga Barongsai sambil diselingi tarian-tarian di tengah pementasannya.

Salah seorang pengunjung asal Klaten, Bedru, mengaku terkesima dengan pertunjukan The Loka Warrior Show. Dia baru pertama kali menyaksikan pertunjukan spektakuler seperti itu.

“Pertunjukkannya keren sekali dengan pemainnya yang penuh semangat. Teknologi yang dipakai juga sangat memuaskan buat kami. Terima kasih karena di dalamnya ada keberagaman nusantara. Saloka keren dan hebat,” ungkap Bedru Sabtu (10/2/2024) malam.

Sementara itu, Media Relation Saloka, Sandra Lutfi Afifah, mengatakan festival naga ini sengaja diselenggarakan untuk menyambut momen Imlek. Kegiatan seperti ini selalu diselenggarakan oleh Saloka dalam menyambut hari libur dan hari raya.

“Kali ini kita selenggarakan Festival Naga. Karena sesuai dengan shio tahun ini, kebetulan adalah naga. Ini juga sesuai dengan maskot Saloka sendiri yang berbentuk seekor naga,” kata Sandra.

Dikatakan, berbagai acara diselenggarakan untuk memuaskan para pengunjung yang datang di Saloka pada momen liburan Imlek ini. Di antaranya pertunjukan barongsai, vampir dance show, live music Mandarin, dan Cai Shen atau dewa keberuntungan.

“Pertunjukan itu full selama empat hari. Terus ada juga kuliner khas bumbu oriental. Seperti ifumie dan nasi Hainan dan macam-macam,” beber Sandra.

Dia menyampaikan selama musim libur Imlek ini ada peningkatan pengunjung. Sebab hari libur ini juga masuk libur panjang sehingga pengunjung membeludak.

“Untuk hari ini [Sabtu] tadi sampai pukul 12.00 WIB tadi ada 1.500 pengunjung. Biasanya bisa mencapai 3.000 pengunjung per hari,” tandas Sandra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya