SOLOPOS.COM - Soto semarang (HARIAN JOGJA/TRI WAHYU UTAMI)

Solopos.com, SEMARANG – Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi salah satu surganya wisata kuliner murah. Beragam jenis makanan khas bisa kamu jumpai di Kota Semarang, termasuk soto. Berikut rekomendasi warung atau rumah makan yang menyajikan soto khas Semarang.

Soto Semarang dikenal dengan kuah yang bening, gurih, dan menggunakan daging ayam kampung. Selain itu terdapat lauk pelengkap berupa sate kerang, perkedel kentang, tempe goreng, dan kripik tempe. Penyajian soto Semarang ditambahkan perasan jeruk nipis, bihun (so’un), daun seledri, bawang goreng, dan kubis.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

1. Soto Bokoran

Salah satu rekomendasi warung soto enak di Semarang yang cukup populer adalah Soto Bokoran 1949. Kamu dapat mengunjungi warung soto yang satu ini di Jalan Plampitan nomor 55, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Sesuai dengan namanya, soto yang satu ini dikenal cukup legendaris dan sudah berdiri sejak 1945-an.

Soto Bokoran akan disajikan dengan tampilan yang sangat menggugah selera. Pengunjung dapat memilih berbagai lauk tambahan yang ditawarkan diantaranya bakwan, sate ayam, perkedel, dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki tempat yang cukup sederhana, tetapi cita rasa yang ditawarkan tidak perlu diragukan lagi.

2. Soto Bangkong

Soto Bangkong merupakan salah satu soto legendaris yang paling terkenal di Semarang. Bahkan, Soto Bangkong yang sudah buka sejak tahun 1950 ini sudah punya banyak cabang.

Oleh karenanya, warung Soto Bangkok layak mendapat rekomendasi untuk dikunjungi. Selain tempatnya yang nyaman, rasa sotonya yang khas dan lezat sukses bikin banyak orang ketagihan. Maka, tidak heran heran kalau orang-orang dari berbagai daerah rela datang jauh-jauh demi bisa merasakan rasa soto yang terletak di Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah

3. Soto Selan

Buka sampai jam 19:30, warung Soto Selan ini tidak hanya enak buat sarapan, tetapi juga makan siang dan makan malam. Di dalam mangkuk soto ini kamu bisa nemuin sayur kol, bihun, dan daging ayam suwir dengan kuah kaldu yang bening.

Meskipun nggak memakai banyak MSG, Soto Selan ini sudah cukup gurih dan sedap. Agar lebih mantap, kamu juga bisa nambah lauk saat memakan soto ini seperti tempe, sate, perkedel, dan bakwan jagung. Warung Soto Selan ini berada di Jalan Depok No. 36D, Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

4. Soto Ayam Khas Semarang Pak Man

Kedai satu ini cukup populer lantaran pernah disambangi oleh kalangan papan atas. Mulai dari artis, pejabat, hingga Presiden Joko Widodo. Hal ini wajar lantaran penyajian soto di kedai ini terbilang berbeda. Bila di tempat lain soto disajikan dari gerobak, maka soto di kedai ini justru disajikan lewat pikulan. Cita rasa sotonya pun tak usah diragukan lagi.

Dalam satu mangkok kecilnya, kamu bakal menemukan bahan-bahan soto Pak Man. Mulai dari nasi, tauge, bihun, suwiran daging ayam, potongan daun bawang, tomat, dan kuah bening bercita rasa gurih dan manis.
Lokasi: Jalan Pamularsih Raya No. 32, Salamanmloyo, Kecamatan Semarang Baru, Kota Semarang, Jawa Tengah

5. Soto Ayam Pak Darno

Warung soto di Semarang ini juga tergolong legendaris. sudah 40 tahun lebih tempat makan ini berdiri di Semarang. Ciri khas soto di tempat ini adalah kuahnya yang sedikit keruh.
Lauknya pun tak kalah menggoda. sepiring soto ayam di Pak Darno bakal ditemani oleh lauk berupa sate ayam berkuah. Alamat: Jalan M.H Thamrin No. 88, Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya