SOLOPOS.COM - Suasana prosesi wisuda Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Periode I Tahun 2024, Kamis (25/1/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Suasana bahagia kental terasa saat Upacara Wisuda Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Periode I Tahun 2024, Kamis (25/1/2024). 

Bertempat di Balairung Universitas, Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami, hadir melepas 1.095 winisuda yang terdiri dari Program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor.

Prosesi wisuda dibuka dengan arak-arakan lulusan dari Lapangan Basket UKSW menuju Balairung Universitas. 

Diawali dengan barisan lulusan peraih Indeks Prestasi Tertinggi (IPT) masing-masing Program Studi (Prodi), dilanjutkan dengan barisan perwakilan lulusan sesuai dengan fakultas masing-masing.

Mengawali sambutannya, Rektor Intiyas mengajak para lulusan untuk melambaikan tangan mereka kepada keluarga yang telah mendukung perjalanan menempuh studi di UKSW. 

Ia berpesan kepada seluruh winisuda agar sebagai insan creative minority bisa menjaga nama besar UKSW.

“Selain menjaga nama UKSW, para lulusan harus menjadi agen perubahan yang kritis, inovatif, dan cerdas dalam mengelaborasi permasalahan nasional maupun global,” pesannya.

Rektor Intiyas juga menekankan bahwa insan creative minority merupakan kaum pemimpin yang mewujudkan golongan kecil, di mana superiorita jiwa dan rohnya karena kekuatan keyakinan maka sanggup membimbing masa yang pasif menjadi aktif.

“Harapan kami winisuda tetap satu hati bersama UKSW serta dapat menjadi bibit cemerlang dan pribadi unggul yang berpegang pada moto UKSW yakni takut akan Tuhan sebagai pangkal pengetahuan,” imbuhnya.

Selain itu, Rektor Intiyas juga menerangkan bahwa UKSW sudah menancapkan diri sebagai kampus dengan kinerja yang diakui baik secara nasional maupun internasional pada tahun 2023 lalu. 

Hal ini dibuktikan dengan raihan peringkat akreditasi institusi Unggul, peningkatan akreditasi Program Studi (Prodi), dan pembukaan Prodi Kedokteran.

Selain itu, UKSW juga mendapatkan dua penghargaan dalam Ajang Anugerah Dikti Ristek 2023 dan enam penghargaan dari LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah. UKSW juga berhasil naik peringkat nasional di Klaster Mandiri untuk Riset dan Pengabdian Masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Adhrial Refaddin juga mengucapkan selamat kepada para winisuda. 

Ia berpesan agar para lulusan bekerja dengan ceria. “Selamat kepada winisuda UKSW, saya berpesan kepada seluruh winisuda untuk bekerja dengan ceria artinya bekerja dengan cerdas, empati, responsif, inovatif dan amanah,” tuturnya.

Senada dengan Adhrial Refaddin, Pj Wali Kota Salatiga Yasip Kashani juga mengucapkan selamat kepada UKSW karena telah meluluskan 1.095 winisuda. 

“Selamat kepada para winisuda dan orang tua atau wali. Ini pertama kalinya saya menyaksikan secara langsung prosesi wisuda di UKSW. Satu tahap telah berhasil kalian lalui untuk menjadi bekal menuju tahap kehidupan selanjutnya,” katanya.

Lebih lanjut disampaikannya, lulusan yang diwisuda hari ini adalah pribadi super tangguh yang dihasilkan oleh UKSW. 

“Dengan bekal satu hati, saya berharap akan semakin banyak lagi intelektual yang lahir dari UKSW. Wisuda kali ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi UKSW tetapi juga bagi Salatiga,” tandasnya.

Mewakili 1.095 winisuda, Reina Sabia Listya, S.Pd., dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang mendukung perjalanan studinya di UKSW.

“Saya tersadar bahwa apapun yang terjadi selama 4,5 tahun perjalanan saya di UKSW hanya terjadi karena campur tangan dari Tuhan. Di hari yang berbahagia ini saya ingin mengajak para winisuda untuk berterima kasih kepada orang-orang yang menemani dan mendukung kita selama ini,” ungkapnya.

Winisuda asal Salatiga ini membagikan sebuah quotes yang ia pegang selama ini. “Quotes yang saya pegang yakni do your best and God will do the rest. Lakukan yang terbaik maka Tuhan akan mengurus sisanya. Kita hanya perlu melakukan yang terbaik di masa adulting ini dan kiranya Tuhan yang menyertai perjalanan kita saat ini,” bebernya.

Menutup prosesi wisuda, dilakukan penyerahan lulusan kepada Ikatan Alumni Satya Wacana (IKASATYA) secara simbolik oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, kepada Pengurus IKASATYA Dyah Adhi Astuti.

Sejumlah lulusan berhasil meraih peraih Indeks Prestasi Tertinggi (IPT) dari masing-masing jenjang. Pada jenjang Diploma 3 (D3), berhasil meraih IPK tertinggi adalah Yoga Adhi Praswidyatmawan, A.Md.Kom., (3.45) dari Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi (FTI). 

Sedangkan di jenjang Strata 1 (S1) peraih IPT adalah Reina Sabia Listya, S.Pd., (3.97) dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS.

Kemudian untuk jenjang Magister (S2), ada sepuluh lulusan meraih IPK sempurna (4.00) dalam wisuda kali ini. Tiga lulusan dari Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), yaitu Ari Novita Sari, Lovely Ezverenzha Lelatobur, dan Purwanti. 

Dua lainnya lulusan dari Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Shirley Wijaya, dan Yokhebed Widhianingtyas.

Masih dari FEB, empat lulusan juga meraih IPK sempurna yaitu dari Program Studi Magister Manajemen yaitu Diarto Rahardjo, M.M., Marlon Yusuf Gabriel Poetiray, Joan Calista Umbokahu M.M, M.M., dan Medhelin Rosy Adrian. 

Satu lainnya adalah lulusan dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FBS Daniel Kurniawan, M.Pd. Sementara itu, pada jenjang Doktor (S3) Dr. Tutuk Ari Arsanti, S.E., M.Si., yang juga dosen FEB berhasil meraih IPK sempurna (4.00).

Rekomendasi
Berita Lainnya