SOLOPOS.COM - Menparekraf, Sandiaga Uno saat menjadi pembicara workshop Kata Kreatif di Ruang Kaloka Setda Kota Salatiga, Kamis (14/9/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno kembali mengusulkan Kota Salatiga sebagai Creative City of Gastronomy ke UNESCO Creative Cities Network (UCCN). Usulan tersebut kembali dilakukan setelah beberapa tahun lalu Kota Salatiga belum berhasil mencapai predikat tersebut.

Sandiaga menghargai upaya yang telah dilakukan Kota Salatiga untuk meraih predikat UNESCO Creative Cities Network (UCCN). Sehingga tahun depan, pihaknya akan mendorong Kota Salatiga untuk diajukan kembali untuk meraih Kota kreatif tingkat dunia tersebut.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Saya tadi menangkap ada satu narasi baru, yaitu tentang keberlanjutan lingkungan atau sustainable tourism yang tadi diajukan dalam konsep dekarbonisasi daripada sebuah industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang bisa membuka peluang, termasuk juga lapangan kerja,” terang Sandiaga Uno di Ruang Kaloka Setda Salatiga, Kamis (14/9/2023).

Diharapkan dengan begitu, tahun depan ada 4,4 juta lapangan kerja bisa tercipta di sektor ekonomi kreatif. Selain itu, pekerja sektor industri kreatif juga kembali memunculkan inovasi dan produk baru.

“Tadi saya sama Pak Sekda Jateng mencoba latte cokelat tempe. Ternyata itu merupakan inovasi produk yang saya sangat hargai kolaborasinya. Inovasi inilah yang dibutuhkan oleh bangsa ini untuk bisa menawarkan lebih banyak produk di tingkat dunia,” kata Sandiaga.

Dikatakan, potensi Kota Salatiga yang akan dikembangkan di antaranya adalah produk kuliner dan ekonomi kreatif. Menurutnya Salatiga sangat layak untuk diajukan kembali sebagai Creative City of Gastronomy ke UNESCO Creative Cities Network (UCCN).

Saat ini juga persiapan juga lebih baik jika dibandingkan tahun lalu.

“Semua akan berkolaborasi dan gotong royong agar Salatiga bisa menjadi kandidat terkuat untuk UNESCO Creative Cities Network (UCCN),” tandas Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya