SOLOPOS.COM - Sapi dengan bobot 1,250 ton dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Masjid Baiturrahman Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (16/6/2024) pagi. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Satu ekor sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Masjid Baiturrahman Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (16/6/2024) pagi.

Awalnya, sapi kurban Iduladha yang didatangkan dari Kabupaten Wonogiri itu akan disembelih di Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT.

Promosi Penawaran Dimulai, Ini Keunggulan dan Cara Beli SBN 2024 Lewat BRImo

Terlihat, sapi pemberian Jokowi tersebut merupakan sapi jenis limousin bewarna cokelat. Sapi dengan bobot 1,250 ton itu bila berdiri, tingginya nyaris setinggi orang dewasa.

Kepala Balai Inseminasi Buatan Dinas Peternakan dan Keswan Hewan (Disnakkeswan) Jateng, Agus Sucipto, mengatakan sapi pesanan Jokowi ini sudah dicari jauh-jauh hari.

Adapun dari pencarian tersebut pihaknya mendapati salah seorang peternak di Kabupaten Wonogiri.

“Kurang lebih satu bulan lalu kami lakukan [pencarian], kami identifikasi dulu dengan dinas Kabupaten Wonogiri kemudian kami diarahkan ke beberapa peternak kebetulan kami menemukan bobot cukup besar tinggi secara fisik. Ini bobotnya 1 ton 250 kilogram,” kata Agus kepada di lokasi, Minggu (16/6/2024).

Agus memastikan sapi kurban orang nomor satu di Indonesia itu dalam kondisi sehat dan aman untuk dikurbankan. Sapi juga bebas dari parasit dan cacing.

“Kami ambil sampel dari pemeriksaan parasit induk parasit atau penyakit. Cancing pencernaan maupun cacing hati, jadi sudah kami lakukan pemeriksaan beberapa waktu lalu. Insya Allah aman,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Ahmad Daroji, mengatakan kehadiran Presiden Jokowi tak hanya melaksanakan Salat Id tetapi juga menyerahkan satu ekor sapi limosin sebagai hewan kurban. Rencananya, sapi itu akan disembelih dan dagingnya akan dibagikan untuk masyarakat.

“Besok jadi hewannya diserahkan di sini, sapinya kan limousin di atas 1 ton penyembelihan di Islamic Center. Kami sudah punya langganan untuk diberikan daging, ada yang datang ada yang kami antar juga misal ke panti asuhan. Kami biasanya begitu,” kata Daroji.

Terpisah, Pengurus Kehumasan dan Panitiakurban MAJT, Isdiyanto, membebarkan bila Presiden Jokowi batal melaksanakan shalat Ied di MAJT. Oleh karena itu, sapi yang rencananya akan disebelih di MAJT juga batal.

“Rencana di MAJT dialihkan ke Masjid Baiturrahman. Jadi sapi dari beliau pasti ke Baiturrahman,” tutup Isdiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya