SOLOPOS.COM - Ilustrasi hujan petir. (freepik.com)

Solopos.com, SALATIGA — Penantian masyarakat Kota Salatiga dan sekitarnya akan turunnya hujan akhirnya di tengah musim kemarau panjang saat ini akhirnya berakhir. Pada Senin (16/10/2023) sore, Kota Salatiga dan sekitarnya akhirnya diguyur hujan deras.

Turunnya hujan ini pun disambut gembira warga Kota Salatiga dan sekitarnya. Mereka menyambut gembira hujan yang turun sembari bersyukur setelah setiap hari dalam beberapa bulan terakhir merasakan cuaca yang panas.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Pantauan Solopos.com, hujan ders disertai angin di Salatiga terjadi pada Senin sore, sekitar pukul 17.00 WIB hingga 18.00 WIB, atau selama satu jam. Seorang warga Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, Hesty, mengaku hujan kali ini cukup deras.

Seger-lah, akhirnya [hujan] deras. Beberapa waktu lalu hujan cuma gerimis, malah sumuk [gerah],” kata Hesty kepada Solopos.com Senin (16/10/2023).

Diakuinya meskipun Salatiga terkenal cukup dingin, untuk musim kemarau tahun ini cuaca di Salatiga juga panas. Sehingga hujan deres seperti ini sangat dinantikan.

“Sangat dinantikan. Ini hujan deras hampir 45 menit. Jadi adem cuacanya,” terang Hesty.

Senada disampaikan Hanes Walda, warga Plumbon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, yang juga mengaku senang dengan turunnya hujan. Apalagi hujan kali ini berlangsung cukup lama, sekitar 1 jam, di tengah musim kemarau panjang.

“Di sini ada sekitar 50 menitan hujannya. Setengah jam itu deras, habis itu gerimis. Cuaca jadi adem,” ungkapnya.

Dikatakan, hujan deras seperti ini sangat dinantikan masyarakat, karena sudah tujuh bulan ini masyarakat tidak merasakan hujan. Selain itu beberapa daerah di Kecamatan Suruh juga mengalami kekeringan.

“Semoga bisa hujan lagi. Biar sumur-sumur warga kembali terisi air, karena beberapa daerah di sini kesulitan air bersih,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, telah mengeluarkan prediksi jika Senin ini wilayah Kota Salatiga dan sektarnya bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Sementara itu, untuk esok hari Selasa (17/10/2023) cuaca di Salatiga cerah di pagi hari dan berawan pada siang hingga malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya