SOLOPOS.COM - Ilustrasi api. (freepik)

Solopos.com, MAGELANG — Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magelang menangani dua musibah kebakaran dalam sehari, Minggu (1/10/2023). Tak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran di dua lokasi tersebut.

Informasi itu diunggah di Instagram @damkar_kab_magelang, Minggu. Dalam keterangannya disebutkan lokasi pertama yang terbakar, yakni melanda rumah milik Afandi, warga Dusun Cangakan RT 001/RW 007, Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan pukul 06.13 WIB. Musibah kebakaran itu dilaporkan ke Damkar pukul 06.18 WIB.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Penyebab kebakaran diduga saat Fitri selaku istri dari Afandi memasak dan ditinggal keluar rumah untuk berbelanja. Kemudian, api merembat ke bahan yang mudah terbakar disekitar kompor.

Setelah memperoleh laporan itu, sebanyak 1 unit mobil pompa Pos WMK Bandongan dengan tujuh personil di terjunkan. Proses pemadaman berlangsung hingga pukul 07.01 WIB.

Dari kejadian tersebut, pemilik rumah menggalami kerugian kurang lebih Rp50 juta. Sebanyak 15 rumah yang berada di dekat objek terbakar dapat diselamatkan dan nihil korban jiwa.

Musibah kebakaran kedua terjadi di pabrik ceriping, yakni PT Mirasa Food Industry di JI. Munggur No. 02, Kalangan Wetan, Desa Ambartawang, Kecamatan Mungkid. Kejadian itu dilaporkan ke Damkar Kabupaten Magelang pada pukul 07.51 WIB.

Kejadian tersebut kali pertama diketahui karyawan yang akan memulai bekerja dengan menyalakan mesin penggorengan (batch fryer). Tiba-tiba terjadi arus pendek listrik dari mesin dan api membesar.

Kemudian saksi melaporkan kejadian tersebut ke Damkar Kabupaten Magelang. Sebanyak tiga unit mobil pompa, unit rescue, ambulans dengan 30 personel diterjunkan ke lokasi kejadian.

Proses pemadaman dinyatakan selesai pada pukul 08.36 WIB. Dari kejadian tersebut, pemilik pabrik menggalami kerugian kurang lebih Rp100 juta. Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Bagi masyarakat Kabupaten Magelang bila terjadi keadaan darurat, silakan hubungi kami di nomor call center 112 Kabupaten Magelang atau telepon Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang maupun Pos WMK Terdekat dari tempat tinggal. Bisa juga hubungi kami melalui Aplikasi Siyap [Aplikasi Layanan Cepat Tanggap], bisa di-download di Playstore,” tulis @damkar_kab_magelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya