SOLOPOS.COM - Rumah kosong yang dipilih Komunitas Semarang Angker untuk menjadi lokasi Rumah Hantu Omah Wetan Gedung Marba di Kota Lama Semarang, Selasa (2/7/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Bertepatan dengan momen libur sekolah sekaligus malam 1 Suro, yakni 7 Juli 2024, bakal hadir rumah hantu bertema ‘Omah Wetan Gedung Marba’ di Kota Lama Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Agenda yang diinisiasi oleh Komunitas Semarang Angker ini akan menyuguhkan suasana horor, mencekam hingga bisa membuat bulu kuduk pengunjung berdiri.

Promosi Kisah Penjual Kue Bisa Bantu Ekonomi Keluarga Berkat Holding Ultra Mikro BRI

Ketua Komunitas Semarang Angker, Pamuji Juono, mengatakan lokasi yang dipilih menjadi rumah hantu diklaim memiliki suasana angker.

Bahkan untuk menambah ketegangan, komunitas yang sering menjelajah tempat-tempat mistis di Semarang ini akan menghadirkan sederet koleksi Musium Semarang Angker.

“Tempatnya ini [rumah hantu] kita pakai rumah angker yang dulunya rumah orang, namun sudah kosong 15 tahun lebih. Di dalamnya juga ada hantu-hantu Nusantara, ada sosok perempuan, anak kecil, genderuwo, wewe gombel, sundel bolong,” terang Pamuji di sela kunjungan lokasi Rumah Hantu Omah Wetan Gedung Marba di Kota Lama Semarang, Selasa (2/7/2024) malam

Sedangkan untuk koleksi Musium Semarang Angker yang dihadirkan, di antaranya ada tali bekas gantung diri, kain kafan bekas, batang pohon hingga batu yang berisi genderuwo.

Seluruh koleksi tersebut, nantinya bakal ditata sedemikian rupa di dalam Rumah Hantu Omah Wetan Gedung Marba.

“Selain properti koleksi, nanti juga akan ada orang yang menakut-nakuti [berdandan seperti hantu]. Tapi jangan salah, kalau ada yang nongol [muncul] beneran, itu bonus ya, karena rumah kosong ini juga angker, ada penunggunya,” sambungnya.

Oleh karena itu, sebagai antisipasi adanya kesurupan, setiap pengunjung yang masuk akan didampingi oleh satu tour guide.

Tak hanya itu, para pengunjung sebelum masuk juga akan disemprot tengkuknya oleh air khusus yang telah diberi doa.

“Lumrah nanti kalau ada yang kerasukan. Makanya kita siapkan tour guide, soalnya benar-benar rawan [angker]. Dan air doa itu nanti untuk menetralisir kerasukan,” jelasnya.

Adapun tujuan menghadirkan Rumah Hantu Omah Wetan Gedung Marba di Kota Lama Semarang ini, yakni untuk mengajak setiap orang menantang rasa takut masing-masing.

Khususnya, mengenai hantu yang sebenarnya ada namun tak membahayakan manusia.

“Semua orang punya rasa takut, tapi di sini [Semarang Angker] kita akan ajarkan me-manage rasa takut. Maka silakan datang, rencana kita buka Rumah Hantu ini mulai 1 Suro, kita buat sedemikian rupa lantai satunya yang berukuran 40 meter x 8 meter untuk menantang rasa takut kalian,” tutupnya.

Sekadar untuk diketahui, tiket masuk Rumah Hantu Omah Wetan Gedung Marba di Kota Lama Semarang ini nantinya bakal dibanderol Rp25.000 per orang. Adapun jam operasionalnya tiap hari mulai pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya