SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah subsidi. (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SEMARANG – Asosiasi Perumahan Sederhana Nasional (Apernas) Jawa Tengah (Jateng), mencatat serapan rumah subsidi di wilayahnya sudah mencapai 3.789 unit per April 2024.

Adapun serapan tertinggi yakni di daerah Soloraya, yakni di Kabupaten Sukoharjo yang mencapai 1.370 unit. Ketua DPW Apernas Jateng, Eko Purwanto, mengatakan pada kuartal I atau sampai April serapan rumah di Jateng cukup baik.

Promosi Selamat! BRI Sabet 2 Penghargaan Internasional dari The Asset Triple A

Sebab, dari kuota sebanyak 166.000 unit pada 2024 ini, serapannya sudah mencapai 2.28 persen atau 3.789 unit.

“Angka segitu [3.789] berarti kondisi sudah membaik, penjualan rumah subsidi sudah bagus. Bahkan sampai sekarang yang akad juga masih banyak,” klaim Eko kepada Solopos.com, Sabtu (1/6/2024).

Adapun serapan paling banyak, papar Eko, berada di Soloraya, khususnya di Kabupaten Sukoharjo yang mencapai 1.370 unit.

Serapan di Soloraya cukup tinggi karena menjadi daerah sektor bisnis dan sudah didukung peningkatan infrastruktur seperti jalan tol.

Lebih lanjut, serapan perubahan tinggi juga tercatat di daerah Semarangraya, khususnya di Kabupaten Kendal yang telah mencapai 724 unit.

Semarangraya memiliki peminat tinggi karena dekat dengan Ibu Kota Jawa Tengah atau Kota Semarang dan banyak disokong oleh pertumbuhan industri di kabupaten/kota sekitarnya.

“Pekalongan, Tegal dan Kabupaten Semarang laporannya juga tinggi. Dan data ini masih bakal terus meningkat, karena jual rumah itu cepat, banyak peminatnya. Karena bagaimanapun, rumah ini termasuk kebutuhan selain sandang dan pangan, ada papan [rumah],” pungkasnya.

Sementara itu, warga Kota Semarang, Sandi, merupakan satu di antara 724 orang yang telah memberi rumah subsidi di derah Kendal.

Pria berusia 26 tahun itu, memilih rumah di Kendal karena telah mendapat pekerjaan baru di Kawasan Industri Kendal (KIK).

“Dulu kerja di Banten, pada Maret resign untuk balik ke Semarang. Resign karena mau menikah sekaligus cari kerja baru yang deket sama keluarga dan mertua di Semarang. Dan dapatnya [kerja dan rumah] ya itu, di Kendal,” tutup Sandi.

Diberitakan sebelumnya, Asosiasi Perumahan Sederhana Nasional (Apernas) Jawa Tengah (Jateng) menyebutkan harga jual rumah bersubsidi di wilayah Jateng pada awal 2024 ini mengalami kenaikan menjadi Rp166 juta per unit.

Meski naik, pihaknya tetap optimistis mampu memasarkan rumah subsidi sesuai dengan target yang ditetapkan pada tahun ini, yakni 166.000 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya