SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mudik Gratis (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) kembali menggelar program Mudik Gratis bagi warga Jateng yang berada di perantauan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Program Mudik Gratis Pemprov Jateng itu mulai dibuka hari ini, Rabu (6/3/2024).

Kepala Badan Penghubung Provinsi Jateng, Sarido, mengatakan program Mudik Gratis 2024 diadakan untuk memfasilitasi warga Jateng yang berada di perantauan untuk mudik atau pulang kampung saat momen Lebaran. Tahun ini, program Mudik Gratis mennyediakan kuota sebanyak 11.400 kursi bus dan 1.088 kursi kereta api.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Pendaftaran mudik gratis kita buka 6 Maret mulai pukul 09.00 WIB. Jumlah bus mudik yang disediakan sebanyak 228 unit. Jika dibandingkan tahun lalu, bus yang disediakan lebih banyak,” ujar Sarido dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/3/2024).

Pendaftaran Mudik Gratis Jateng 2024 bisa dilakukan secara daring maupun luring. Untuk daring, warga bisa mengakses www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id, dan mengunggah dokumen seperti KTP/KIA, KK, dan bukti pendukung lain. Bagi pendaftar disabilitas, langsung datangi Kantor Badan Penghubung Jateng di Jl Dharmawangsa VIII No 26 Kebayoran Baru.

Calon peserta mudik gratis juga bisa mendatangi Cabang Bank Jateng Jl Panglima Polim Kebayoran Baru, KCP Bank Jateng Kramat Jati, atau melalui koordinasi dengan Paguyuban Warga Jateng di Jakarta.

Sarido menyebutkan bus yang disediakan untuk Mudik Gratis 2024 berasal dari bantuan berbagai pihak yang bekerja sama dengan Pemprov Jateng. Sebanyak 58 bus berasal dari bantuan gubernur, Bank Jateng, dan PT Semen Gresik. Sementara bantuan dari pemerintah kabupaten/kota, Jasa Raharja, dan Perumnas mencapai 130 bus. Sementara itu, Bank Jateng juga membantu memfasilitasi 40 bus.

Ditambahkan, untuk fasilitasi mudik menggunakan kereta api, pihaknya menyediakan dua rangkaian. Jurusan Jakarta-Solo menggunakan KA Jaka Tingkir, sementara jurusan Jakarta-Semarang difasilitasi KA Menoreh.

Adapun, untuk pemberangkatan mudik gratis Pemprov Jateng 2024 akan dilakukan pada Sabtu, 6 April 2024 dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta.

Sarido menambahkan Mudik Gratis Jateng 2024 diperuntukkan bagi pekerja informas berpenghasilan rendah seperti tukang ojek, asisten rumah tangga, pedagang asongan, pedagang kaki lima, hingga buruh.

“Di 2024 ini mempersyaratkan ber-KTP Jawa Tengah. Tahun ini kita sediakan bagi masyarakat yang benar-benar kurang mampu. Untuk seat bus, disediakan kurang lebih 11.400, dan kereta api kurang lebih 1.088 seat,” imbuh Sarido.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya