SOLOPOS.COM - Ilustrasi peretasan handphone. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak dua pelaku peretasan ponsel Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, ternyata berstatus ayah dan anak atau masih memiliki hubungan keluarga. Kedua pelaku peretas nomor ponsel Kapolda Jateng ini pun telah ditangkap di Ogan Kemiring Ilir (OKI), Sumatra Selatan, beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, di Mapolda Jateng, Kamis (3/8/2023). Satake menyebut Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng saat ini tengah mendalami kasus ini.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

“Ini sedang dilakukan pemeriksaan dan pengembangan. Termasuk korban dan hasilnya [kerugian]. Nanti akan kita tindak lanjuti dengan gelar perkara,” ujar Kombes Pol Satake.

Saat ditanya apakah pelaku sadar atau memang berniat melakukan peretasan terhadap nomor handphone atau ponsel Kapolda Jateng, Kabid Humas Polda Jateng masih enggan menyampaikan hal itu. Dirinya hanya menyatakan jika kasus ini hingga kini masih didalami oleh penyidik.

“Sadar atau enggaknya masih didalami. Saya yakin mereka tidak tahu atau kalau tidak ya belum tahu,” katanya.

Kabid Humas Polda Jateng menambahkan nomor handphone atau ponsel yang diretas kedua pelaku itu merupakan nomor HP milik Kapolda Jateng yang selama ini digunakan untuk menerima aduan masyarakat. Saat ini, ponsel tersebut telah dimatikan atau dinonaktifkan.

“Namun tidak menggangu [pelayanan]. Masyarakat maasih tetap bisa ke [menghubungi] 110,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, aparat Polda Jateng meringkus dua pelaku peretasan nomor ponsel milik Kapolda Jateng. Keduanya meretas nomor ponsel milik Kapolda Jateng dengan cara mengirimkan file aplikasi APK.

“Iya, modusnya klik APK. Ada korban lain juga, dari masyarakat umum,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimum), Polda Jateng, Kombes Pol. Dwi Subagio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya