SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu. (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), kembali mengalami kebakaran atau untuk yang keempat kalinya dalam sebulan terakhir, Jumat (6/10/2023). Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, pun mengaku belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran itu apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

Pantauan Solopos.com di TPA Jatibarang, Jumaat sore sekitar pukul 16.30 WIB, asap putih lebat mengepul dari lokasi aktif zona dua dan tiga. Hingga saat ini tim pemadam masih menyisir dan memadamkan sejumlah titik api.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang, saat ditanya apakah ada unsur kesengajaan pada kasus kebakaran TPA Jatibarang ini masih enggan menyimpulkan. Kendati demikian, ia mengaku tak menutup kemungkinan bila hal tersebut juga terjadi.

“Kami tidak berfikir sampai di situ [sengaja dibakar]. Tapi mungkin saja, karena penyebab bisa banyak. Bisa dari sisa botol air yang kena panas dan timbul percikan api, karena ilalang semak bergesekan di cuaca panas ini. Maka kami belum tahu sengaja atau tidak. Tapi paling mungkin ya karena [cuaca] Semarang panas,” ujar Ita saat dijumpai di lokasi kejadian.

Oleh sebab itu, Ita, sapaan akrab Walikota Semarang, meminta untuk kedepanya area TPA Jatibarang ditambah atau dipasangi kamera CCTV. Selain itu, petugas diminta untuk lebih tegas dalam mengingatkan masyarakat maupun pengemudi truk sampah ketika memasuki area TPA.

“CCTV agar kalau ada kebakaran, kita bisa tahu penyebab pastinya. Terus untuk driver yang masuk sini [TPA Jatibarang] tidak boleh merokok dan sebagainya. Mereka mungkin membuang putung rokok tak sengaja dan dikira sudah mati, tapi siapa tahu arangnya masih hidup dan menimbulkan panas?” jelasnya.

Ita menambahkan, cuaca panas dan angin kencang juga cukup menjadi kendala tim pemadam untuk menjinakan si jago merah. Selain itu, tumpukan sampah yang cukup lebat juga membuat kondisi bara yang ada dibawah sulit diketahui.

“Harapannya ini semoga bisa segera padam dan pendinginan. Dan kita lihat di laman BMKG Semarang akan dilewati hujan jam antara 18.00 WIB sampai 21.00 WIB. Semoga hujannya di wilayah sini,” harapnya.

Kebakaran di TPA Jatibarang ini menjadi yang keempat kalinya dalam sebulan terakhir. Kali ini, api membakar di zona tiga atau zona pembuangan sampah yang masih aktif. Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya