SOLOPOS.COM - Kobaran api di sisi selatan masih menyala di TPA Jatibarang, Semarang, Senin (18/9/2023) malam. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Penanganan kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) masih berlanjut hingga Selasa (19/9/2023) dini hari.

Pantauan Solopos.com pada Senin (18/9/2023) pukul 21.30 WIB, sejumlah titik api mulai berhasil dikendalikan atau dipadamkan. Kendati demikian, masih tampak kobaran api di sisi selatan.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Tim gabungan pun masih terus berupaya menyisir lokasi yang telah padam dengan keterbatasan cahaya di malam hari. Tampak, satu alat berat berupa ekskavator atau backhoe juga dikerahkan guna memecah tumpukan sampah di TPA Jatibarang.

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat BPBD Jateng, Muhamad Chomsul, mengatakan api sudah mulai bisa dikendalikan. Kendati demikian, ia tak menampik bila masih ada sejumlah titik api yang bermunculan karena angin kencang.

“Kondisi saat ini masih ada beberapa titik api di sisi barat. Kemudian di lereng selatan masih ada beberapa titik api karena medan yang sulit di akses. Sehingga disiasati dengan penyambungan selang. Namun pada intinya, api saat ini sudah terkendali,” beber Chomsul kepada Solopos.com, Senin (18/9/2023) malam.

Chomsul menambahkan, lokasi yang luas dan titik api yang sulit dijangkau menjadi kendala bagi tim pemadam. Selain itu, isi ulang air yang jauh untuk diambil serta penerangan di lokasi juga disebut kurang memadai.

“Ditambah akses jalan sempit. Maka sudah ada laporan ini untuk kebutuhan mendesak berupa lampu penerangan dan suplai air untuk pemadaman,” jelasnya.

Selain lampu penerangan dan suplai air, kondisi terkini di lapangan mulai memerlukan tambahan alat perlindungan diri (APD). Termasuk kebutuhan oksigen dan masker guna mencegah sesak napas yang diakibatkan oleh kepulan asap.

“BPBD Kota Semarang juga telah mendirikan dapur umum di lokasi,” imbuhnya.

BPBD Jateng pun tak menampik bila kejadian di TPA Jatibarang ini bisa seperti di TPA Putri Cempo Solo maupun TPA Pesalakan, Pemalang yang berlangsung berhari-hari. Oleh sebab itu, saat ini tim gabungan masih terus fokus dan berusaha menyisir munculnya titik-titik api baru.

“Kalau turun hujan bisa terbantu. Kalau enggak, ya bisa jadi sampai besok [Selasa 19 September 2023] masih terbakar atau belum padam,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran yang melanda TPA Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengakibatkan kepulan asap yang cukup tebal, Senin (18/9/2023).

Kepulan asap ini bahkan membuat petugas pemadam kebakaran (damkar) kewalahan hingga ada yang harus dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami sesak napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya