SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri (kanan) bertemu dengan pendiri Forum Masyarakat Disabilitas Indonesia (Formadina) Slamet Widodo, saat kampanye Pemilu 2024 lalu. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah dari PKS, Quatly Abdul Qodir Alkatiri, meninggal dunia di RSUD dr Moewardi Solo, Senin (15/4/2024) sekitar pukul 13.30 WIB. Quatly Abdul Qodir Alkatiri yang juga maju kembali menjadi caleg di pemilu Legestatif 2024-2029 ini, bakal digantikan oleh Abdul Ghofar melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Ketua DPW PKS Jateng, Muhammad Afif, mengaku turut berduka cita atas meninggalnya Quatly Abdul Qodir Alkatiri pada Senin (15/4/2024) siang. Almarhum dinilai sebagai kader terbaik PKS dan sosok yang menganyomi semua orang selama menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

“Kami termasuk kelurga besar PKS DPW Jateng, tentunya mengucapkan bela sungkawa atas wafatnya salah satu kader pulihan yang ditempatkan di Wakil Ketua DPRD Jateng dalam periode 2019-2024 yang sisa jabatannya kurang lebih 4 bulan lagi,” kata Afif saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Terkait siapa penggantinya nanti, Afif mengatakan untuk Wakil DPRD Jateng tak akan ada mekanisme PAW. Namun untuk caleg periode 2024-2029, Quatly Abdul Qodir Alkatiri akan digantikan oleh Abdul Ghofar.

“Iya, kalau di aturan kurang dari 8 bulan enggak boleh diganti, maka periode 2019-2024 [Wakil ketua DPRD Jateng] dari PKS nanti dikosongkan, enggak ada penggantinya. Dan kalau yang periode 2024-2029, almarhum memang maju dan lolos lagi. Penggantinya nanti Pak Abdul Ghofar, mantan [anggota] DPRD Surakarta. Karena dia [Abdul Ghofar] suaranya terbanyak kedua, dia Dapil Klaten, Sukoharjo, Solo [Dapil 7],” bebernya.

Kendati Abdul Ghofar telah disiapkan untuk menggantikan Quatly Abdul Qodir Alkatiri pada Pileg periode 2024-2029, mekanisme PAW masih belum disiapkan. Nantinya, Quatly Abdul Qodir Alkatiri juga akan dilantik terlebih dahulu sebelum akhirnya di PAW.

“[Mekanisme PAW] nanti setelah pelantikan akan segera kami siapkan. Karena almarhum dilantik dulu, baru nanti pengajuan DPW untuk PAW yang ditandatangani DPP,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Abdul Qodir Alkatiri meninggal dunia di RSUD dr Moewardi Solo, sekitar pukul 13.30 WIB. Anggota DPRD Solo dari PKS Didik Hermawan membenarkan kabar tersebut. Menurut Didik, Quatly meninggal dunia karena sakit. Belum diketahui lokasi pemakaman maupun pemberangkatan jenazah Quatly.

“Iya benar Pak Quatly meninggal di RSUD Dr Moewardi Solo,” ujar Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya