SOLOPOS.COM - Puluhan lampion memeriahkan perayaan Pasar Imlek Semawis di kawasan Pecinan, Semarang, beberapa waktu lalu. (Imam Yuda S./Semarangpos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bakal melakukan revitalisasi atau penataan ulang kawasan Pecinan mulai tahun ini. Revitalisasi itu nantinya membuat kawasan Pecinan Semarang lebih diminati wisatawan karena menawarkan berbagai daya tarik wisata, salah satunya adalah wisata air di sekitar Kali Semarang.

Hal tu disampaikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, di Balai Kota Semarang, Selasa (23/1/2024). Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang, mengaku salah satu fokus revitalisasi adalah penataan Kali Semarang, yang disulap lebih menarik dengan menawarkan akses kapal wisata.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Ini menghubungkan Kali Semarang mulai dari belakang Balai Kota sampai ke muara di Bandarharjo. Syukur-syukur, kalau kapalnya bisa masuk kan sangat luar biasa,” ujar Ita, dilansir situs web resmi Pemkot Semarang, Rabu (24/1/2024).

Mbak Ita menyebut, proses rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL) telah berlangsung. Termasuk sedang menyusun detail engineering design (DED) Kawasan Pecinan Semarang.

“Ini sudah diproses RTBL, kemudian sedang disusun DED untuk dimasukkan, khususnya pada 2024 ini akan ada sebagian yang dibenahi, karena memang pekerjaan rumahnya yang paling utama di kawasan Semarang Lama ini adalah Pecinan,” katanya.

Dia menuturkan, Kawasan Pecinan merupakan konsentrasi dilakukannya revitalisasi dari sebagian wilayah di Kota Lama Semarang. Produk perencanaan secara detail dan skala besar telah disusun untuk diserahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kami sudah mengajukan ke PUPR untuk bisa dibantu revitalisasi [menyeluruh], karena perhitungan sebelum Covid-19 itu ada sekitar Rp170 miliar. Pada 2024 kalau jadi sangat luar biasa,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Yudi Wibowo, mengatakan untuk tahun ini revitalisasi kawasan Pecinan belum bisa dilakukan secara menyeluruh. Langkah awal difokuskan pada peningkatan jalan-jalan dan saluran kecil di kawasan Pecinan. Sementara untuk jalan besar akan dilakukan Dinaas Pekerjaa Umum (DPU) Kota Semarang.

Yudi mengatakan, anggaran yang digelontorkan untuk revitalisasi Kawasan Pecinan tahap awal ini sebesar Rp10 miliar. “Jalan lingkungan yang kecil-kecil itu yang direvitalisasi di saluran sama penataan jalannya. Jalan yang besar nanti dilakukan DPU,” kata Yudi.

Dia menyebut, tujuan utama revitalisasi kawasan Pecinan adalah untuk menarik wisatawan datang ke Kota Semarang. “Kawasan Pecinan akan kami jadikan tempat jalan-jalan yang bersih, kempling, biar menarik dan dikoneksikan dengan Kota Lama Semarang [Little Netherland],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya