SOLOPOS.COM - Artis Pasha Ungu dan Uya Kuya diajak Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, mengunjungi Pasar Karangayu, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (8/6/2024). (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG–Sederet artis papan atas yang juga kader Partai Amanat Nasional (PAN) diajak Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau karib disapa Zulhas, mengunjungi Pasar Karangayu, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (8/6/2024).

Dalam kunjungan tersebut, mereka membagikan beras dan mengecek harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Iduladha.

Promosi Layanan Wealth Management BRI Sabet Penghargaan Internasional di Inggris

Zulhas tiba di Pasar Karangayu sekitar pukul 08.00 WIB. Saat pembagian beras, Zulhas tampak didampingi artis Surya Utama atau Uya Kuya, pelawak Eko Patrio, dan penyanyi Sigit Purnomo Syamsudin atau Pasha Ungu. Mereka membagikan 200 beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) kepada pedagang dan warga sekitar.

Seusai pembagian beras, Zulhas mengunjungi beberapa pedagang sembako dan bahan pangan pokok lainnya untuk menanyakan kondisi harga dan stok bahan pokok. Dalam pengecekan itu, ia mengakui saat ini di Ibu Kota Jawa Tengah ada beberapa komoditas pangan yang harganya masih tinggi.

“Biasanya di Semarang itu kalau bawang lebih murah. Tapi saya enggak tahu bawang itu dari mana kok agak mahal di sini [Kota Semarang] sampai Rp40.000-Rp50.000. Kemarin kita di Cilegon itu bawang Rp35.000-Rp40.000. Makanya saya tanya tadi bawangnya dari mana. Tapi meski mahal, masih di bawah harga yang ditetapkan pemerintah karena kalau bawang itu Rp60.000/kg,” kata Zulhas seusai pengecekan, Sabtu.

Sedangkan harga telur dan daging ayam, Zulhas menilai masih murah. Menurutnya, harga telur dan ayam murah karena banyak pasokan untuk Kota Semarang.

“Ayam di sini mungkin banyak sentra peternak, jadi murah. Kalau Rp35.000/kg itu apa peternak enggak rugi. Terus di sini beras stabil, persiapan untuk Lebaran Iduladha semua sembako bahan pokok, ayam, daging telur, apa pun semua lengkap harga stabil,” paparnya.

Sementara itu, Supiati yang ikut mengantre beras bersama ratusan warga lainnya mengaku senang mendapat berat SPHP mengingat saat ini harganya masih mahal. “Beras bagus mahal, Rp16.000/kg. Kalau yang biasa Rp13.000/kg dapat,” kata Supiati.

Supiati pun mendapat beras ini dari satu di antara tiga artis yang membagikan beras tersebut. Kendati demikian, meskipun semuanya artis Nasional, warga Kecamatan Tembalang itu tak mengetahui nama-namanya.

Sing ngasih [beras] artis putih itu, tapi siapa namanya enggak tahu, cuma sering lihat di TV jadi pelawak,” tutup perempuan usia 56 tahun itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya