SOLOPOS.COM - Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas, saat memberikan sambutan dalam acara Rakorwil PAN Jateng di Kota Semarang, Sabtu (8/6/2024). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengusung Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, sebagai calon gubernur dalam kontestasi Pilkada atau Pilgub Jateng 2024. Keinginan PAN mengusung jenderal polisi bintang dua itu disampaikan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, seusai menghadai Rakorwil PAN Jateng di Hotel MG Setos, Kota Semarang, Sabtu (8/7/2024).

Zulkifli Hasan atau yang karib disapa Zulhas mengatakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) merupakan momen penting. Oleh karena itu, agar partainya bisa ambil bagian maka bakal membawa nama Ahmad Luthfi untuk diputuskan secara bersama-sama dalam Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil).

Promosi Didukung BRInita, Dasawisma Pisang Palembang Sulap TPS Liar Jadi Urban Farming

“PAN, kami, saya, minta [gubernur] Jateng Pak Luthfi, PAN dukung, usung, menangkan Ahmad Luthfi untuk Gubernur Jateng Periode 2024-2029,” ujar Zulhas.

Saat ditanya alasan mengusung Ahmad Luthfi sebagai gubernur Jateng apakah karena ada kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Zulhas tak menjawab secara tegas. Ia hanya menyampaikan jika Kapolda merupakan sosok yang sukses.

“[Alasan usung?] Karena sukses. [Faktor kedekatan Jokowi?] Saya juga dekat sekali [dengan Jokowi],” pungkasnya.

Sementara mengenai koalisi, mengingat perolehan kursi PAN di Jateng tak memenuhi 20 persen ambang batas dari total 120 kursi DPRD Jawa Tengah, Zulhas menyampaikan masih berusaha pada Koalisi Indonesia Maju (KIM). Sedangkan untuk wakil gubernur yang akan mendampingi Ahmad Luthfi, partainya masih belum menentukan pilihan.

Lebih lanjut, meski akan mengusung Ahmad Luthfi, Zulhas tak menjawab secara pasti apakah bakal meminta Kapolda Jateng itu untuk pensiun dini. Mengingat, masa pensiun Ahmad Luthfi baru berlaku pada November 2024 mendatang atau setelah pendaftaran bakal calon (balon) gubernur Jateng yang berlangsung medio Agustus nanti.

“[Pensiun dini?] Oh, kan lagi anu, proses irjen [Itjen] Kemendag, sudah hampir selesai,” katanya.

Dalam acara Rakorwil PAN Jateng di Hotel MG Setos Semarang itu, Ahmad Luthfi sebenarnya juga turut diundang sebagai narasumber. Kendati demikian, Kapolda Jateng memutuskan untuk tidak menghadiri acara tersebut.

Dukungan PAN terhadap Ahmad Luthfi juga terlihat dari goodie bag atau tas bingkisan yang dibawa peserta seusai menghadiri acara rakonwil itu. Tas bingkisan itu bertuliskan, “Keluarga Besar PAN Jawa Tengah Nyawihi Nyengkuyung Pak Luthfi Mimpin Jateng,” atau yang diartikan keluarga besar PAN Jawa Tengah mendukung sepenuh hati Pak Luthfi memimpin Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya