SOLOPOS.COM - Penampilan dalang cilik ikut memeriahkan pentas wayang kulit dalam rangka Hari Wayang Nasional di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. (blorakab.go.id)

Solopos.com, BLORA-Penampilan dalang cilik asal Dusun Pangkat Desa Purwosari, Blora, Jawa Tengah, Sawung Prabasworo, 7, mengawali pentas wayang kulit tiga generasi dalam rangka Hari Wayang Nasional di pendapa rumah dinas Bupati Blora.

Siswa SDN 1 Purwosari Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, tampil memukau dengan menyajikan cerita pakeliran padat Tumuruning Wiji Sejati (Wisanggeni Lahir). Sawung Prabasworo adalah putra salah satu dalang terkenal di Blora, yakni Ki Nuryanto, sedangkan ibunya adalah pesinden yaitu Eny Wulandari. Pasutri itu juga mengelola sanggar seni Cahyo Sumirat di Desa Purwosari.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Pentas wayang kulit dalam rangka Hari Wayang Nasional tersebut diadakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Blora bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora.

“Saya memberi kesempatan kepada anak-anak untuk berlatih dan belajar wayang kulit. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan, sehingga nantinya bisa maju dan berkembang serta ada regenerasi,” kata salah satu panitia HWN 2023, Nuryanto,  Selasa (7/11/2023), dikutip dari blorakab.go.id pada Rabu (8/11/2023).

Acara memperingati Hari Wayang Nasional ke-5 tahun 2023 ditandai dengan doa keselamatan dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si kemudian diserahkan kepada Ketua Pepadi Blora H. Sukarno, SH.

Ketua Pepadi Blora H Sukarno dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka peringatan Hari Wayang Nasional Tahun 2023 Pepadi Kabupaten Blora mengadakan kegiatan Pagelaran Wayang Kulit oleh 10 dalang tiga generasi yaitu anak, remaja, dan dewasa.

“Peringatan Hari Wayang Nasional sebagai kelanjutan yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo Nomor 30 Tahun 2018, yakni 7 November sebagai Hari Wayang Nasional,” jelasnya.

Peringatan HWN 2023 di Kabupaten Blora dihadiri semua dalang yang di kabupaten setempat, guru pendamping dari SD dan SMP yang diundang beserta ratusan siswa.  “Dengan tujuan agar anak-anak SD dan SMP mampu mengikuti dengan seksama, dapat mencermati kearifan lokal budaya tradisional yang ada di Indonesia khususnya wayang yang telah disebarkan oleh Wali Songo di Pulau Jawa ini,” terangnya.

Sukarno berharap dengan hadirnya anak-anak SD dan SMP akan dapat mengubah karakter anak menjadi lebih baik, karena wayang disamping sebagai tontonan juga sebagai tuntunan.

Pagelaran wayang kulit dalam rangka Hari Wayang Nasional 2023 di Kabupaten Blora, kata H. Sukarno, digelar secara maraton mulai Selasa (7/11/2023) pukul 08.00 WIB hingga Rabu (8/11/2023) pukul 02.00 WIB.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora Arief Rohman atas nama Pemkab Blora menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Wayang Nasional 2023 yang ditandai dengan pagelaran wayang kulit dalang tiga generasi dari pagi hingga malam (dini hari).

“Kami sampaikan apresiasi, terima kasih kepada Pepadi dengan seluruh jajarannya yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Tentunya Pemerintah Kabupaten Blora akan terus mendukung upaya pelestarian kesenian khusunya wayang yang ada di Kabupaten Blora,” kata Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief.

Bupati mengatakan hanya di Kabupaten Blora yang memiliki dalang anak dan remaja, bahkan yang dalang dewasa sudah tidak diragukan lagi.

“Ini menurut saya adalah upaya yang sangat luar biasa, yang harus kita dukung. Dan kami ucapkan terimakasih kepada Pepadi yang sudah uri-uri kebudayaan kita,” ucapnya.

Bupati juga mengapresiasi Lomba Blora Sinden Idol 2023 sehingga menginspirasi untuk digelar pula lomba dalang cilik atau remaja.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kita untuk melestarikan kebudayaan kita ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat, dan selamat menikmati semoga ini menginspirasi untuk kita dan memberikan nilai-nilai teladan, contoh yang bisa kita wariskan untuk anak-anak kita semuanya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya