SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada Sabtu (6/4/2024) malam. Setidaknya, ada sebanyak 3.000 lebih kendaraan yang melintas per jamnya. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Sabtu (6/4/2024) malam masih padat merayap.

Setidaknya, ada sebanyak 3.000 lebih kendaraan yang melintas per jamnya.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Pantauan Solopos.com, PT Jasa Marga Semarang-Batang telah membuka 11 gardu utama dan 7 satelit untuk mencegah antrean panjang di gerbang tol Kalikangkung.

Adapun 20 mobile rider dikerahkan untuk memecah kepadatan arus di masing-masing gardu.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Semarang Batang, Nasrullah, mengatakan pada Sabtu ini arus di Kalikangkung telah meningkat signifikan.

Sebab pada Jumat (5/4/2024), selama 24 jam kendaraan yang melintas hanya di angka 45.000 kendaraan.

“Sementara malam ini, sejak pukul 06.00 WIB sampai malam ini saja sudah ada 50.600 kendaraan yang melintas. Maka tentunya naik signifikan,” kata Nasrullah di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Sabtu malam.

Lebih rinci, dari total 50.600 kendaraan itu, rata-rata kendaraan yang melintas di gerbang Tol Kalikangkung lebih dari 3.000 kendaraan.

Adapun kepadatan arus tercatat di pukul 17.00 WIB–18.00 WIB yang mencapai 4.015 kendaraan.

Kendati demikian, Nasrullah belum bisa memastikan apakah hari ini sudah mencapai puncak dari arus mudik Lebaran 2024.

Prakiraan puncak sudah bisa dipastikan bila data 24 jam telah masuk seluruhnya.

“[Apakah sudah puncak?] Harus lihat besok. Karena perlu kita bandingkan. Kalau Minggu (7/4/2024) turun [kendaraan yang melintas] maka sudah dipastikan puncaknya. Dan prakiraan kita pas puncak ada 71.900 kendaraan yang melintas. Tapi seperti apanya, masih ada nanti sampai pukul 06.00 WIB,” terangnya.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Sonny Irawan, senada bila Sabtu ini sudah banyak kendaraan yang melintas.

Meski demikian, kondisi malam ini arus lalu lintas di gerbang Tol Kalikangkung cukup terkendali atau tak sepadat saat sore tadi.

“Sudah tak terjadi kepadatan signifikan. Malam ini hanya 30 meter saja [antrean kendaraan],” tutup Kombes Pol Sonny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya