SOLOPOS.COM - Suasana Exit Tol Tingkir Kota Salatiga Jawa Tengah yang kini mulai dipadati pemudik dari Jabodetabek, Jumat (5/4/2024) malam. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Puncak arus mudik diprediksi mulai terjadi pada Jumat (5/4/2024). Peningkatan volume kendaraan kini mulai terpantau di Exit Tol Tingkir Kota Salatiga Jawa Tengah (Jateng). Peningkatan pemudik itu terjadi setelah Jumat menjadi hari terakhir untuk para pegawai untuk bekerja.

Petugas Gerbang Exit Tol Tingkir Kota Salatiga, Harno, menyebut peningkatan kendaraan yang keluar dari Tol Tingkir Mulai terjadi sejak Jumat siang dan terus terjadi sampai dengan malam ini.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Peningkatan sudah terlihat dari siang tadi sampai malam ini. Namun belum terlalu padat. Tapi ini akan terus bertambah lagi,” kata Harno di lokasi, Jumat (5/4/2024) malam.

Dikatakan, volume kendaraan tersebut mencapai 5 hingga 10 kendaraan per menit. Kendaraan yang keluar tol didominasi oleh mobil-mobil pribadi dengan pelat kendaraan B atau dari wilayah Jabodetabek.

“Didominasi mobil-mobil pribadi pelat B, dan bus yang merupakan bus mudik gratis dari BUMN,” ungkap Harno.

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari mengatakan pihaknya telah menyiapkan pos strong point yang berfungsi jika ada kemacetan atau kepadatan maka petugas langsung melakukan penarikan arus. Sementara pospam yang sebelumnya berada di gerbang Exit Tol Tingkir Salatiga digeser ke simpang tiga Terminal Tingkir Salatiga.

“Pos strong point ini bertujuan untuk mengurai arus lalu lintas jika terjadi kepadatan. Petugas akan langsung mengalihkan jalur jika nanti terjadi kepadatan dari arah Salatiga menuju Exit Tol Tingkir ataupun sebaliknya,” tandas Kapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya