SOLOPOS.COM - Petugas saat mengatur arus lalulintas di Jalan Jendral Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) yang telah diberlakukan satu arah, Jumat (5/4/2024). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG – Untuk mengantisipasi kemacetan parah dari Jalan Semarang – Magelang, tepatnya di daerah Pasar Projo, Ambarawa, Kabupaten Semarang atau sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Ambarawa diberlakukan satu arah atau one way. Pemberlakuan satu arah itu mulai dijalankan pada Jumat (5/4/2024) sampai Selasa (16/4/2024).

Rekayasa satu arah itu dilakukan mulai dari titik pertigaan Laris lama, hingga pertigaan SDN Kupang 01. Kendaraan ayang kan dialihkan merupakan dari arah Semarang menuju Magelang yang melewati Jalan Lingkar Ambarawa.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra, mengatakan pengalihan arus dilakukan untuk antisipasi macet parah yang sering terjadi di depan Pasar Projo, Ambarawa. Terlebih saat ini memasuki masa mudik dan jalan tersebut menjadi salah satu jalur sibuk menuju Magelang atau sebaliknya.

“Untuk pemberlakuan one way di depan pasar Projo sudah dimulai sejak hari ini, dan arus yang dialihkan adalah arus dari arah semarang menuju ke Jogja. Di mana akan dialihkan melintas Jalan Dr. Sutomo ke arah Alun-alun Tambakboyo, atau bisa melalui jalur lingkar Ambarawa,” terang Kapolres Jumat (5/4/2024).

Sementara itu, salah seorang warga Ambarawa, Dhanis mengaku menyambut baik diberlakukannya satu arah di daerah Pasar Projo Ambarawa tersebut. Menurutnya setiap hari sering terjadi kemacetan di jalan tersebut.

“Jalannya sering macet apalagi kalau pagi dan sore hari. Macet parah, kalau ada one way begini ya warga sangat senang,” kata Dhanis.

Diakuinya, sebetulnya banyak warga yang menginginkan jalan tersebut diberlakukan satu arah sejak lama. Mengingat jalan itu menjadi permasalahan masyarakat karena seringnya menjadi titik kemacetan.

“Kalau warga inginnya diberlakukan selamanya, tidak hanya masa mudik saja. Karena ini sangat terasa manfaatnya,” tandas Dhanis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya