SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerbang Tol Kalikangkung Semarang, (Solopos.com-Antara/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG – Pemberlakuan arus satu arah atau one way dari gerbang Tol Cikampek hingga gerbang Tol Kalikangkung Semarang bakal dimulai Jumat (5/4/2024) malam. Petugas gabungan di lapangan pun saat ini tengah melakukan sterilisasi.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto. Ia mengatakan, sistem one way akan mulai dilaksanakan sekitar pukul 21.30 WIB.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Para kapolres, diberikan waktu dua jam untuk kita lakukan sterilisasi mulai sekarang,” kata Kobes Pol Satake melalui pesan singkat, Jumat malam.

Kabid Humas pun meminta agar tiap personel di lapangan mempersiapkan sterilisasi ini dengan baik. Khususnya, bagi Polres yang berada di tol untuk jalur B.

“Dipersiapkan sesuai CB [mekanisme] yang telah ditentukan,” pintanya.

Terpisah, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan one way nasional bakal diberlakukan mulai 5-9 April. Yakni dari 0 kilometer (km) sampai ruas Tol Kalikangkung Semarang.

“Pengendalian di Jateng, apabila terjadi kepadatan, akan dilakukan perpanjangan one way lokal Kalikangkung sampai Bawen atau sampai Tingkir, Salatiga,” kata Irjen Pol Luthfi, Rabu (3/4/2024) lalu.

Kapolda menjelaskan, mengenai skala prioritas kepadatan yang dimaksud akan diukur oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng. Oleh karena itu, skema one way lokal ini bersifat kondisional atau bisa sewaktu-waktu.

Lebih lanjut, selain menyiapkan one way lokal, sebanyak 12.506 personel terdiri dari TNI-Polri juga dikerahkan untuk menyambut arus mudik Lebaran ini. Adapun pendirian 72 pos terpadu, 52 pos pelayanan dan 44 pos pengamanan yang siap menyambut para pemudik.

“Siapkan kendaraan dengan baik. Karena Jateng itu titik lelah dan jenuh. Komunikasi dengan petugas di lapangan, kita sudah siapkan pos-pos pelayanan dan personel,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya