SOLOPOS.COM - Warga Desa Wisata Wayang Sidowarno, Klaten, melukis mural wayang di tembok rumah. Mural wayang menjadi suguhan wisatawan saat menuju Joglo Omah Wayang KBA Sidowarno.(Istimewa/Dokumentasi Desa Wisata Wayang)

Solopos.com, SOLO — Jawa Tengah (Jateng) yang terkenal sebagai provinsi dengan kebudayaannya memiliki desa wisata terbaik yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Provinsi yang terdiri dari 29 kabupaten dan enam kota ini menyimpan keunikannya masing-masing, mulai dari wisata, sejarah, kebudayaan, hingga kuliner. Selain itu, setiap daerah di provinsi dengan jumlah penduduk 34,55 juta pada 2019 ini juga memiliki potensi desa wisata.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Bahkan, desa wisata di Jateng ini juga meraih prestasi di kancah nasional. Pada 2024, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) merilis 75 desa terbaik di Indonesia, dan lima di antaranya berasal dari Jateng.

Nah, berikut ini desa wisata terbaik yang ada di Jawa Tengah dan salah satunya ada di Klaten.

Desa Wisata Terbaik di Jawa Tengah

1. Desa Wisata Besani

Desa wisata yang terletak di Blado, Batang ini memiliki beragam keunikan dan atraksi seru, seperti Besani Village Trekking, Curug Dewi Besani, Wisata Keren De Blado, Nostalgia Layar Tancap, dan Pentas Tari Dewi Besani. Di sini juga terdapat homestay De Blado yang memiliki konsep ala kerajaan zaman kuno.

2. Desa Wisata Sidowarno

Desa wisata terbaik di Jawa Tengah selanjutnya ada di Wonosari, Klaten. Desa wisata ini juga dikenal sebagai desa wayang, terutama wayang kulit dari kulit kerbau. Selain wayang, ada hal unik lainnya yang bakal ditemukan di desa wisata ini, seperti atraksi panahan tradisional atau dikenal dengan jemparingan, hingga menyaksikan pertunjukkan tari-tari tradisional.

3. Desa Wisata Conto

Desa wisata yang berlokasi di Bulukerto, Wonogiri ini mempunyai potensi alam yang sangat menarik, antara lain Goa Resi, Air Terjun Kresek, Bukit Gendol (Hutan Sadiman), hingga Hutan Pinus. Wisatawan juga dapat belajar memetik dan mengolah kopi dan teh hingga siap seduh, belajar alat musik tradisional, dan belajar tari tradisional di desa wisata terbaik di Jawa Tengah ini.

4. Desa Wisata Pakunden

Desa wisata yang terletak di Banyumas ini terkenal kreatif karena memiliki wisata-wisata yang cukup unik, seperti Kampoeng Nopia Mino, Oemah Gamelan, Oemah Batik, Oemah Manggleng, Kampung Garmen, hingga Kebun Buah Naga.

5. Desa Wisata Sambongrejo

Desa wisata terbaik di Jawa Tengah terakhir ini berlokasi di Sambong, Blora, yang terkenal dengan kearifan lokal Kampung Samin. Berkunjung ke desa ini, wisatawan dapat mengikuti beragam kegiatan, seperti trekking sawah, pembuatan tempe, belajar membatik, belajar klothek lesung, hingga edukasi ternak kambing etawa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya