SOLOPOS.COM - Wisata Alam Posong Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. (Ponco Wiyono/Solopos.com)

Solopos.com, SOLO — Wisata alam Posong yang terletak di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah memiliki pemandangan bak lukisan alam yang cocok dikunjungi saat libur akhir pekan.

Berada di antara lereng Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing membuat pemandangan wisata satu ini tak ada duanya. Dominasi perbukitan, perkebunan, lereng gunung, dan lembah menghiasi wisata yang terletak di ketinggian 1.800 mdpl.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Selain pemandangan yang apik, suhu udara di Posong juga terbilang cukup dingin, yakni berkisar 10-19 derajat Celcius. Untuk menuju wisata Jawa Tengah yang mempesona ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan umum, wisatawan bisa menggunakan bus jurusan Magelang/Temanggung-Wonosobo dan sebaliknya, bila datang dari Purwokerto, bisa naik bus jurusan Wonosobo-Magelang/Temanggung.

Bila berangkat dari pusat Kota Temanggung menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan bisa mengikuti arah jalan raya menuju Wonosobo. Wisata alam Posong berada di sisi kanan, setelah Jembatan Sigandul. Sementara dari arah Wonosobo, wisata alam Posong berada di sebelah kiri setelah SPBU Kledung.

Wisata ini memiliki daya tarik ketika momen Matahari terbit atau sunrise yang mempesona. Selain sunrise, wisatawan juga bisa menikmati momen keindahan golden sunset atau Matahari terbenam bisa dilihat di sini. Pancaran sinar Matahari berwarna oranye kekuningan tampak begitu indah saat membelah kedua gunung. Untuk mendapatkan pemandangan apik itu, sangat disarankan untuk berkunjung ke Posong saat cuaca cerah.

Untuk menikmati keindahan wisata alam Posong, wisatawan hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp10.000. Parkir motor dipatok Rp2.000, sedangkan parkir mobil hanya Rp4.000.

Sementara itu, bagi pengunjung yang akan masuk ke Taman Wisata Posong akan dikenai HTM Rp 20 ribu. Taman Wisata Posong menyediakan berbagai macam aktivitas seru, seperti golden sunrise, spot selfie, hingga pemandangan kebun tembakau dan kopi. Bagi wisatawan yang hendak menginap, juga terdapat tenda perkemahan.

Sebagai informasi, wisata alam Posong ini sudah dibuka sejak 2009 namun dipercantik pada 2016. Wisata ini merupakan bagian dari pengembangan desa wisata Tlahab dan dikelola oleh pihak wisata.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya